News Update

Teknologi Artificial Intelligence Akan Marak Digunakan Bank

JakartaHead of e-Channel & BI Solution, Multipolar Technology, Achmad Fakhrudin, meyakini penggunan teknologi Artificial Intelligence (AI) akan banyak digunakan perbakan. Pasalnya AI bisa membuat bank  “menangkap” sentimen positif atau negatif akan sebuah produk yang dikeluarkan.

AI dinilainya dapat membaca konten yang tersebar di dunia maya, terkait bagaimana opini publik yang terbentuk terhadap produk perusahaan.

“Selain itu AI sangat efisen dan akurat,” kata Achmad dalam acara Executive Banking Forum dengan tema Leading Digital Banking Transformation: “Disruptive Banking or Banking Reinvented?”, Di Jakarta, Rabu, 28 Maret 2018.

Keyakinan itu kata Achmad terliat dari solusi cloud yang dulu bank mengabaikan, namun kini mulai di manfaatkan. Hal itu karena kebutuhan teknologi semakin hari semakin besar.

Saat ini mayoritas mitra Multipolar Technology berasal dari sektor Finance, kemudian disusul Telekomunikasi. Ia mengatakan teknologi AI juga mulai marak digunakan di luar perbankan, salah satunya Gojek.

Baca juga: Hadapi Distrupsi Digital, Perbankan Dapat Menerapkan Artificial Intelligence

“Pergeseran terliat dari metode yang dulu dilakukan dengan mengelola sendiri, kini dilakukan dengan menggandeng patner lain,” jelasnya.

Perkembangan AI sendiri terliat seiring dengan pesatnya perkembangan pengguna media sosial, sehingga memberi pengaruh bagaimana cara perusahaan dalam berinteraksi dengan pelanggannya.

Hebatnya solusi berbasis Artificial Intelligence dalam menangkap konten yang tersebar di jagat maya, mengelompokkannya menjadi data yang solid sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan strategis guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Solusi ini cocok diterapkan antara lain di sektor industri perbankan, asuransi, multifinance, manufaktur otomotif, dan pemerintahan.

“Saat ini sudah ada beberapa Bank yang mulai menggunakannya,” tutup Achmad. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Begini Tanggapan OJK Soal Jokowi Terbitkan Aturan Asuransi untuk Mantan Menteri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2024… Read More

45 mins ago

Bank NTT Resmi Luncurkan Kartu Kredit Indonesia Berbasis GPN

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengumumkan telah mendapatkan persetujuan… Read More

58 mins ago

Marak Merchant Tolak Transaksi Uang Tunai, Begini Kata BI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa merchant atau pedagang wajib menerima pembayaran dalam bentuk uang tunai.… Read More

1 hour ago

Pacu Pertumbuhan, BCA Digital Hadirkan Layanan Valas dan Inovasi Teknologi Lewat bluValas

Jakarta - BCA Digital memperkuat posisinya di industri perbankan digital Indonesia dengan merespons kebutuhan finansial masyarakat… Read More

1 hour ago

Bergerak Variatif, IHSG Sesi I Ditutup Flat di Level 7.735

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (18/10) ditutup… Read More

4 hours ago

BI Ungkap Muncul Fenomena Masyarakat Terpaksa Kerja dengan Upah kecil

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa terjadi fenomena pergeseran tenaga kerja di berbagai daerah yang berkerja… Read More

4 hours ago