Teknologi

Teknologi AI Bakal Gantikan Pekerjaan Manusia, Ma’ruf Amin: Belum Terbukti

Jakarta – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, pemerintah terus mengkaji dan mengamati penggunaan kecerdasan buatan (AI) dari domestik dan global, yang diprediksi dapat menghilangkan lapangan pekerjaan bagi manusia dan akan digantikan oleh robot.

“Pada saat pandemi Covid-19 melumpuhkan dunia di awal 2020 beberapa ekonom dan lembaga keuangan memprediksi hilangnya banyak lapangan pekerjaan, digantikan robot dan mesin. Sebagian premisnya sederhana manusia bisa terkena virus Covid-19 sementara robot tidak,” ungkap Wapres dalam acara FEKDI 2023, Rabu, 10 Mei 2023.

Meskipun demikian, Ma’ruf melihat dalam dua tahun belakangan setelah pandemi, ramalan tersebut tidak terbukti. Namun, hal ini diharapkan dapat menuntun untuk lebih presisi dalam menyusun kebijakan dengan melihat perkembangan teknologi digital.

“Teknologi digital justru dapat membangkitkan optimisme akan prospek yang cerah bagi para tenaga kerja kita,” pungkasnya.

Untuk itu, sumber daya manusia (SDM) harus dipersiapkan untuk menyeimbangi perkembangan tekonologi yang semakin masif. “Oleh sebab itu SDM dan ahli-ahli digital mesti harus lahir untuk mengimbangi perkembangan tersebut,” tegas Wapres.

Lanjutnya, Indonesia sebagai keketuaan ASEAN 2023 pun diharapkan dapat memanfaatkan kerjasama ini untuk memunculkan talenta digital di setiap negara ASEAN.

“Saya juga berharap kerja sama ASEAN akan memunculkan talenta digital di setiap negara ASEAN,” terangnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Irawati

Recent Posts

OJK Ungkap Alasan Pertumbuhan DPK Lebih Rendah Dibanding Kredit

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan penyebab pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK)… Read More

48 mins ago

IHSG Ditutup Melesat 1,52 Persen, Nilai Transaksi Tembus Rp41,67 Triliun

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (1/10) berhasil ditutup naik ke… Read More

1 hour ago

Masih Ada 9 Perusahaan Asuransi Belum Miliki Aktuaris

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan masih terdapat 9 perusahaan asuransi yang belum memenuhi… Read More

2 hours ago

RI Alami Deflasi 5 Bulan Beruntun, BPS Ungkap Biang Keroknya

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) mengalami deflasi sebesar 0,12 persen… Read More

2 hours ago

Anak Usaha Delta Dunia Makmur (DOID) Berhasil Raih Dana Rp1 Triliun dari Penerbitan Obligasi

Jakarta - Anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), yakni PT Bukit Makmur Mandiri… Read More

2 hours ago

OJK Catat Piutang Pembiayaan Multifinance Capai Rp499,29 Triliun di Agustus 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan perkembangan di sektor Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura,… Read More

2 hours ago