Taspen Bidik Pertumbuhan Dana Kelolaan Double Digit

Taspen Bidik Pertumbuhan Dana Kelolaan Double Digit

Taspen Bidik Pertumbuhan Dana Kelolaan Double Digit
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Bogor– PT Taspen (Persero) optimis dapat meraih pertumbuhan hingga double digit pada dana kelolaan tahun ini. Untuk meraih pertumbuhan tersebut, beberapa strategi telah disiapkan perseroan salah satunya adalah dengan melakukan perubahan pada porsi portofolionya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Investasi PT Taspen (Persero) Firmansyah, pada media gathering di Novotel Bogor, Jawa Barat.

“Dana kelolaan pada tahun lalu Rp208 triliun atau naik 15,98 persen, dan pada tahun ini 2018 kita harapkan naik kira-kira 10 persen, dimana pada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan ( RKAP )  komposisi portofolionya kita ubah,” ungkap Firmansyah di Novotel BogorJawa Barat, Jumat 19 Januari 2018.

Firmansyah menjelaskan, akibat adanya penurunan suku bunga deposito perbankan, maka dana yang disimpan dalam bentuk deposito akan diturunkan dari sebelumnya 20 persen menjadi 10 persen.

“Bank untungnya akan lebih tinggi karena ada penurunan bunga deposito, tapi bagi kami ini membuat pendapatan turun, makanya kita perlu turunkan portofolionya,” tambah Firmansyah.

Selain itu, pihaknya juga akan menaikkan investasi dalam bentuk reksadana dari sebelumnya 10 persen menjadi 15 persen dari total portofolio. Sementara untuk Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset ( KIK-EBA) dirinya menyebut, akan tetap di angka 5 persen sama seperti tahun 2017 lalu.

“Untuk yang investasi langsung akan kita naikkan dari 1 persen menjadi 3 persen, tapi itu tergantung kepada penawaran yang masuk ke kita dan hasil due diligence,” tambah Firmansyah

Untuk investasi secara langsung, Firmansyah menyatakan akan masih fokus ke perusahaan terbuka di sektor infrastruktur khususnya jalan tol. Dia berharap dengan perubahan susunan portofolio ini dana kelolaan dan juga keuntungan perseroan di tahun 2018 dapat semakin meningkat. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]