News Update

Tarif Spot Sewa Kapal LNG di Asia Capai US$ 350.000/Hari

Jakarta – Tarif spot sewa kapal LNG di Asia meroket ke level yang tertinggi dalam sejarah, dimana tarif sewa mencapai US$ 350.000/hari. Melonjaknya tarif sewa kapal LNG tersebut disebabkan oleh kondisi cuaca di Asia dan Eropa yang lebih ekstrim dari yang diperkirakan, kekurangan pasokan LNG, serta keterbatasan ketersediaan kapal tanker LNG.

Tarif spot sewa kapal LNG di Asia meningkat pada bulan Desember 2020 dan Januari 2021 karena melonjaknya permintaan untuk kebutuhan energi untuk pemanas perumahan dan industri yang disebabkan oleh musim dingin yang ekstrim di beberapa negara Asia.

Seperti yang dilansir oleh S&P Global Platts Analytics, provinsi-provinsi di bagian utara China menghadapi banyak gelombang cuaca dingin yang mengakibatkan kekurangan sumber energi. Dewan Negara Republik Rakyat China mengatakan pada tanggal 8 Januari lalu, bahwa berbagai upaya telah dilakukan untuk menopang pasokan batu bara, listrik, minyak mentah dan gas alam untuk kebutuhan pemanas perumahan.

Selain China, Jepang dan Korea Selatan juga menghadapi peningkatan kebutuhan listrik yang sangat besar akibat musim dingin yang ekstrim. S&P Global Platts Analytics melaporkan bahwa permintaan listrik di Jepang telah meningkat sekitar 15% di atas level tahun lalu. Dengan sumber daya yang langka, perusahaan utilitas Jepang harus membakar lebih banyak batu bara dan bahan bakar minyak, dan di saat yang bersamaan, membeli lebih banyak LNG dari pasar spot dengan tarif yang tinggi.

Permintaan listrik di Korea Selatan juga melonjak ke level tertinggi selama musim dingin, dan perusahaan BUMN Korea yaitu Korea Power Exchange atau KPX, telah bersiaga untuk menghadapi suhu di Seoul yang turun ke level terendah dalam 35 tahun.

Dengan demikian, tarif listrik di Jepang telah menembus 220 Yen/ kWh, atau setara dengan US$ 618/ MMBtu pada tanggal 12 Januari berdasarkan data dari Japan Electric Power Exchange. Tarif tersebut telah melonjak dari tarif seminggu sebelumnya yang berada di kisaran 100 Yen / kWh.

Selain dari lonjakan permintaan gas dan kapal tanker LNG yang besar, pasokan kapal tanker LNG juga mengalami penurunan yang cukup signifikan akibat dari keterlambatan yang disebabkan oleh kendala operasional dan perjalanan yang lebih jauh. S&P Global melaporkan bahwa waktu tunggu di rute Panama Canal untuk kapal tanker LNG menuju Asia dari Teluk Amerika Serikat membutuhkan waktu hingga 13 hari pada akhir tahun 2020.

Selain itu, membekunya permukaan laut memperburuk kondisi di Pelabuhan bagian utara China seperti Dong Ying dan Yingkou, sehingga mengganggu kedatangan kapal dan proses bongkar muat kargo.

“Kami yakin bahwa tarif yang tinggi ini menunjukkan permintaan yang lebih kuat bahkan setelah cuaca ekstrim ini mereda,” kata nalis pelayaran Stifel, Ben Nolan, Kamis, 21 Januari 2021. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

2 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

2 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

3 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

3 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

3 hours ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

3 hours ago