Talenta Digital Lokal di Sea Labs Beri Solusi Teknologi Bagi UMKM

Talenta Digital Lokal di Sea Labs Beri Solusi Teknologi Bagi UMKM

Jakarta – Presiden Joko Widodo meresmikan Sea Labs Indonesia bersama Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, dan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di Gedung Pacific Century Place, Jakarta Selasa, 2 Maret 2022.

Presiden Jokowi mengapresiasi hadirnya Sea Labs Indonesia yang dapat menjadi wadah bagi para talenta digital, untuk mendapatkan berbagai kesempatan berkarya dan belajar di perusahaan teknologi global, induk perusahaan Shopee, Sea Group.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga sempat berbincang dengan dua pelaku UMKM, Dendi Sepsaditri, Founder dan CEO Akang Group dan Yoppy Setiadi, Pemilik LEAF Official.

Dalam sambutannya beliau berharap akan ada banyak UMKM lokal yang mampu
bertumbuh menggunakan karya teknologi dari talenta digital lokal.

“Kita harapkan bahwa perkembangan ekonomi digital ini bisa juga memicu perkembangan produk-produk UMKM yang seperti tadi saya lihat, dan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif, yang merata dan berkeadilan,” ujar Jokowi.

Teknologi dibalik Shopee dan ShopeeFood yang digunakan Akang Group dan LEAF
ternyata juga dibantu kontribusinya dari talenta digital lokal. Ada Edwin Candinegara yang saat ini bekerja sebagai Engineering Manager and Tech Lead di Singapura dan Adhyan Arizki, Head of Engineering Growth Shopee.

Kemampuan teknologi mereka yang telah terasah di industri teknologi global telah
membantu perkembangan industri teknologi tanah air.

Dengan hadirnya Sea Labs Indonesia, ini akan menjadi wadah 1.000 talenta digital bangsa dapat memiliki berbagai kesempatan untuk berkarya di perusahaan teknologi global dan juga belajar langsung dari para ahli teknologi kelas dunia.

Sehingga ke depannya, industri
teknologi Indonesia memiliki SDM yang mampu bersaing secara global dan membawa industri teknologi Indonesia menjadi pemain global.

“Tapi yang saya tidak ingin adalah Indonesia hanya menjadi pasar saja. Indonesia juga harus menjadi pemain. Oleh sebab itu, ekosistem yang kondusif harus kita bangun bersama-sama,” jelas Jokowi.

Upaya Sea Labs Indonesia ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain di industri teknologi dunia. Presiden Jokowi mengatakan bahwa kontribusi ekonomi digital Indonesia pada tahun 2030 akan naik sebesar 8 kali yaitu mencapai Rp4.531 triliun. (*)

Related Posts

News Update

Top News