News Update

Tahun Politik Jadi Momen Investasi

Jakarta – Chief Executive Officer Eastspring Indonesia, Alan T. Darmawan, menyampaikan bahwa tahun 2019 merupakan tahun yang penuh kejutan, baik dari dalam dan luar negeri. Hal tersebut diungkapkannya diacara Market Outlook 2019, dengan tema “Keep Calm and Invest on”.

“Secara global, perang dagang AS-China, implementasi Brexit dan stimulus dari China menjadi sorotan utama pasar global. Dari faktor dalam negeri sendiri, tahun ini akan didominasi oleh kontes politik yang dapat meningkatkan volatilitas pasar. Hal ini seharusnya bukanlah menjadi sebuah hambatan, namun harus disikapi sebagai sebuah potensi besar untuk merencanakan investasi yang lebih baik. Harapan kami, apapun hasilnya diharapkan dapat mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik kedepannya,” ujar Alan di Jakarta, Selasa, 26 Febuari 2019.

Sementara itu, Ari Pitojo, Chief Investment Officer Eastspring Indonesia berpendapat bahwa terdapat tiga tema utama yang diperkirakan akan mempengaruhi pergerakan pasar di 2019, yaitu suku bunga AS, sinkronisasi ekonomi global, dan perang dagang antara AS dan China.

Selain itu, tren jangka panjang seperti perubahan iklim dan kecerdasan buatan (Artificial intelligence) akan terus meningkat peranannya dan akan mengubah tatanan peta investasi.

“Untuk skala lokal, masifnya program infrastruktur dan program program sumber daya manusia yang dilakukan pemerintah Indonesia telah memperlihatkan adanya perubahan pada model pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mengalami pergeseran dari konsumsi ke investasi,” jelasnya.

Oleh sebab itu, dengan berbekal ketahanan ekonomi yang baik, ia yakin Indonesia dalam jangka panjang masih menjadi salah satu destinasi investasi yang menarik bagi banyak kalangan investor asing di seluruh dunia.

Dalam acara ini, Eastspring Indonesia secara resmi meluncurkan Market Outlook Booklet 2019 berjudul Keep Calm and Invest On bagi para nasabah dan mitra bisnis. Buku tersebut dapat diunduh secara digital pada eastspring.co.id.

Eastspring Indonesia merupakan salah satu manajer investasi terbesar di Indonesia dengan dana kelolaan mencapai lebih dari Rp90,76 triliun yang meliputi reksa dana dan discretionary fund (Per 31 Januari 2019), perusahaan berkomitmen untuk dapat memberikan Inovasi produk, pelayanan dan hasil investasi terbaik.

Produk-produk reksa dana Eastspring Indonesia terbagi pada kelompok reksa dana konvensional dan syariah. Masing-masing dikelola dengan menempatkan portofolio pada instrumen saham, pendapatan tetap, dan pasar uang.
(*)

Dwitya Putra

Recent Posts

IHSG Berpotensi Melemah, Analis Rekomendasikan Saham ASII, BFIN, BRPT hingga CPIN

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

1 hour ago

Hana Bank: Transisi Pemerintahan Baru akan Mengguncang Ekonomi RI

Jakarta - Direktur Utama Hana Bank, Jong Jin Park mengungkapkan, transisi pemerintahan baru akan memberikan dampak besar… Read More

9 hours ago

Perkuat GCG, BTN Gandeng JAMDATUN Kejaksaan RI Dalam Penanganan Masalah Hukum

Direktur Utama BTN, Nixon L.P Napitupulu memberikan sambutan saat acara kerja sama antara BTN dengan… Read More

10 hours ago

Pembayaran Contactless Global Naik 80 Persen: Indonesia Harus Segera Beradaptasi

Bali - Mehdi Elhoussine, Managing Director Idemia mengungkapkan, volume pembayaran contactless (tap to pay) di… Read More

10 hours ago

Pluang Rilis Opsi Saham AS: Inovasi Investasi untuk RI

Jakarta - Pluang sebagai platform investasi dan perdagangan multi-aset, mengumumkan peluncuran perdagangan opsi saham Amerika… Read More

11 hours ago

Sritex Pailit, Kemnaker Minta Jangan Buru-buru PHK Karyawannya

Jakarta - Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro… Read More

11 hours ago