Pasar Modal

Tahun Politik Beri Sentimen Positif Bagi IHSG, Ada Faktor yang Mempengaruhi

Jakarta – Menjelang pemilihan umum (Pemilu) atau biasa disebut juga dengan tahun politik yang akan digelar pada 2024 mendatang, tentunya dapat memberikan sentimen positif pada pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG).

Tim riset Syailendra Capital, melihat bahwa, jika berkaca pada pemilu-pemilu sebelumnya, secara historis IHSG cenderung mengalami kenaikan dari beberapa bulan sebelumnya menuju hari H pemilu.

“Untuk melangsungkan pemilu, total dana yang dikeluarkan lebih besar dari biasanya. Dana-dana ini diperkirakan akan beredar khususnya di sektor konsumsi,” tulis manajemen dalam risetnya dikutip, 26 Juli 2023.

Baca juga: IHSG Berpotensi Menguat Terbatas, Efek Suku Bunga BI Ditahan

Dengan meningkatnya perputaran dana pada sektor konsumsi tersebut, turut akan mengerek perekonomian Indonesia secara keseluruhan, dimana kelas aset saham adalah yang paling diuntungkan dalam kondisi tersebut.

“Kami melihat potensi lonjakan angka konsumsi domestik menyambut musim pemilu 2024 ini seharusnya berdampak positif bagi pasar saham Indonesia,” imbuhnya.

Kemudian, diperkirakan menjelang Pemilu 2024 tersebut pelaku pasar akan perlahan beralih ke pasar saham yang sebelumnya cenderung fokus ke aset obligasi, dikarenakan tingginya potensi perkembangan angka konsumsi domestik.

Adapun, berdasarkan estimasi UBS, terdapat potensi perputaran dana berkisar Rp170 triliun dihitung dari lima macam pemilu yang akan dilangsungkan. Hal ini akan berpengaruh kepada pertumbuhan angka konsumsi di Indonesia yang biasanya memang mengalami peningkatan pada dua kuartal sebelum pemilu berlangsung. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

4 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

5 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

18 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

18 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

19 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

19 hours ago