Moneter dan Fiskal

Tabungan Menipis, Masyarakat Ekonomi Menengah Bawah Mulai ‘Makan’ Tabungan Buat Belanja

Jakarta – Mandiri Spending Index (MSI) mencatat tren masyarakat kelas menengah bawah ‘makan’ tabungan terjadi sejak April 2023 dan masih akan berlanjut hingga tahun 2024. Adapun, jumlah tabungan tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2022.

Head of Mandiri Institute, Teguh Yudo Wicaksono menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi karena akumulasi tabungan yang tinggi di tahun 2022 utamanya kelas menengah bawah, akibat adanya pandemi dan pembatasan sosial.

Di tahun 2023, ekonomi mulai pulih dan masyarakat kembali menarik tabungannya di tahun ini untuk belanja. Ini berdampak pada menurunnya tabungan dari masyarakat.

Baca juga: Prediksi Nasib Ekonomi Indonesia, Ini Wejangan Founder Mayapada

“Dalam jangka pendek tingkat saving akan kembali seperti di tahun 2022? Mungkin ini yang belum akan terjadi di tahun 2024, karena tadi di 2022 kita sebelumnya ada pandemi dan akumulasi dari saving terutama kelas bawah itu cukup tinggi,” kata Yudo dalam Macroeconomi Outlook Mandiri 2023, dikutip, Rabu 20 Desember 2023.

Namun, pihaknya melihat dampak dari fenomena makan tabungan ini adalah isu distribusi. Meski begitu, spending atau tabungan di kelompok kelas menengah dan atas masih relatif stabil.

“Spending di kelompok menengah atas proporsinya sekitar 86 persen, jadi cukup besar. Jadi isunya lebih ke arah distribusi yang memang konsumsi masyarkat menengah bawah akan terdampak karena memang saving-nya sudah mulai berkurang,” jelas Yudo.

Dia pun menjelaskan dalam beberapa bulan terakhir, fenomena makan tabungan mulai berkurang. Artinya, fenomena ini mulai melandai dikarenakan adanya proses akumulasi dari tabungan itu sendiri.

“Namun, dampaknya cukup terbatas pada konsumsi secara umum karena sumbangan masyarakat kelas menengah bawah terhadap total konsumsi relatif kecil,” imbuhnya.

Selain itu, tambah Yudo, pemerintah harus berupaya untuk menjaga kelompok masyarakat kelas bawah dengan bantuan langsung tunai dan menjaga inflasi guna menjaga konsumsi masyarakat.

Adapun, konsumsi menjelang akhir tahun menunjukkan kenaikan. Memasuki awal Desember, Mandiri Spending Index (MSI) mencatatkan angka 188,2, menunjukkan bahwa belanja masyarakat 88,2 persen lebih tinggi dibandingkan periode sebelum pandemi (Januari 2020).

Baca juga: Libur Telah Tiba, Berikut Tips Belanja Hemat ke Luar Negeri Tak Bikin Kantong Jebol

Secara bulanan, nilai belanja masyarakat di bulan November 2023 mencatatkan angka 177,8 lebih tinggi 40,1 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu (MSI Juli 2023 mencatatkan sebesar 126,9). 

Secara kelompok pendapatan, belanja masyarakat dari kelompok terbawah—konsumen dengan saldo tabungan di bawah Rp 1 juta mulai menunjukkan perlambatan. Secara bulanan, belanja masyarakat kelompok terbawah di November sedikit lebih rendah dibandingkan bulan Oktober 2023.

Di sisi lain, penurunan tingkat tabungan kelompok ini yang sejak Mei terus tergerus mulai melandai. Hal ini menunjukkan bahwa berkurangnya tabungan masyarakat kelompok bawah mulai berdampak pada belanja mereka.

Sementara itu kelompok menengah—mereka dengan saldo tabungan Rp1-10 juta relatif stabil dan berada pada kisaran 166,4. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

34 mins ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

47 mins ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

1 hour ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

2 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

3 hours ago

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

5 hours ago