Survei BI: Penyaluran Kredit Baru di Triwulan IV Akan Tumbuh Lebih Tinggi

Survei BI: Penyaluran Kredit Baru di Triwulan IV Akan Tumbuh Lebih Tinggi

Jakarta – Survei Permintaan Dan Penawaran Pembiayaan Perbankan yang dilakukan Bank Indonesia (BI) menunjukkan kebutuhan pembiayaan korporasi di Oktober 2021 mengalami tren peningkatan dibanding bulan sebelumnya. Hal itu tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 16,7%, lebih tinggi dari SBT September 2021 sebesar 11,1%.

“Sejumlah sektor seperti sektor Konstruksi, Perdagangan, Reparasi Mobil dan Penyediaan Makanan dan Minuman terindikasi memiliki kebutuhan pembiayaan yang meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terutama digunakan untuk mendukung aktivitas operasional, membayar kewajiban yang jatuh tempo serta mendukung pemulihan domestik,” jelas Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono pada keterangannya 19 November 2021.

Responden survei menyatakan sebagian besar sumber pembiayaan masih didominasi dari dana sendiri dan pinjaman perbankan dalam negeri dengan pemanfaatan kelonggaran tarik yang meningkat. Sementara itu pinjaman dari perusahaan induk terindikasi menurun.

Permintaan pembiayaan baru oleh rumah tangga pada Oktober 2021 terpantau masih terbatas, sedikit menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Bank umum tetap menjadi preferensi sumber utama penambahan pembiayaan responden rumah tangga, dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna.

Dari sisi penawaran perbankan, penyaluran kredit baru pada Oktober 2021 terindikasi tetap tumbuh positif. Berdasarkan kelompok bank, pertumbuhan penyaluran kredit baru pada Oktober 2021 diprakirakan terjadi pada seluruh kategori bank. Sementara itu, untuk keseluruhan periode triwulan IV 2021, penyaluran kredit baru diprakirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News