Survei BI: Pembatasan Mobilitas Buat Keyakinan Konsumen Tertahan

Survei BI: Pembatasan Mobilitas Buat Keyakinan Konsumen Tertahan

BTN Peduli Keselamatan Petugas PPKM
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Agustus 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi masih tertahan. Hal ini seiring dengan berlanjutnya kebijakan pembatasan mobilitas pada periode survei untuk mengatasi penyebaran varian Delta Covid-19.

Seperti dikutip dari laman BI, di Jakarta, Rabu, 8 September 2021, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Agustus 2021 sebesar 77,3, lebih rendah dibandingkan dengan 80,2 pada Juli 2021.

Penurunan IKK disebabkan oleh melemahnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, sebagaimana tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang menurun dari 67,1 pada Juli 2021 menjadi 59,4. Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terpantau menguat dari 93,2 pada Juli 2021 menjadi sebesar 95,3 meski masih berada pada area pesimis.

Menurunnya IKK terjadi pada mayoritas kelompok pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp3,1-4 juta per bulan. Dari sisi usia, penurunan IKK juga terjadi pada mayoritas kelompok usia responden, terutama pada responden berusia >60 tahun. Sementara secara spasial, penurunan keyakinan konsumen terjadi di 12 kota survei. Adapun penurunan terdalam terjadi di Surabaya (-26,7 poin), diikuti Padang (-17,3 poin) dan Makassar (-16,1 poin)

Sedangkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan mulai membaik, terutama pada ekspektasi konsumen yang menguat baik dari aspek penghasilan maupun kegiatan usaha ke depan, didorong oleh perbaikan mobilitas sejalan dengan relaksasi pembatasan aktivitas masyarakat. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Pilihan

Info Grafis

Silahkan Login 

%d bloggers like this: