Survei BI: Optimisme Konsumen Terus Meningkat

Survei BI: Optimisme Konsumen Terus Meningkat

Jakarta – Survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia (BI) pada Agustus 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, ​Erwin Haryono mengatakan, ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2022 sebesar 124,7, lebih tinggi dibandingkan 123,2 pada Juli 2022, serta secara konsisten tetap berada di zona optimis (IKK>100).

“Peningkatan IKK Agustus 2022 tercatat pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, kelompok usia, dan tingkat pendidikan responden,” ujar Erwin dikutip 8 September 2022.

Meningkatnya optimisme konsumen pada Agustus 2022, jrlas Erwin, didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan. Hal tersebut terindikasi dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) yang meningkat pada seluruh komponen pembentuknya.

Baca juga: Survei BI Perkirakan Pertumbuhan Kredit Baru Positif

“Tertinggi pada indeks penghasilan saat ini, dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang juga tercatat meningkat, terutama pada ekspektasi kegiatan usaha ke depan,” ucapnya. (*) ​

Related Posts

News Update

Top News