Survei BI: Keyakinan Konsumen Menurun di November 2022

Survei BI: Keyakinan Konsumen Menurun di November 2022

suku bunga bank indonesia
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada November 2022 sebesar 119,1, atau lebih rendah bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 120,3.

Meski menurun, Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, keyakinan konsumen pada November 2022 masih tetap terjaga. IKK masih berada di zona optimis atau indeks di atas 100.

“Terjaganya optimisme konsumen pada November 2022 ditopang oleh tetap kuatnya Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) maupun Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE),” ujar Erwin dalam keterangannya, Kamis, 8 Desember 2022.

Sementara itu, IKE tercatat masih pada area optimis meski sedikit menurun, sejalan dengan penurunan indeks penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, maupun pembelian barang tahan lama.

Tercatat, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) November 2022 yang masih tercatat optimis masing-masing sebesar 127,9 dan 110,3, meskipun lebih rendah dari 128,3 dan 112,3 pada bulan sebelumnya.

“Ekspektasi konsumen ke depan tetap kuat, ditopang terutama oleh ekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja,” katanya. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]