Keuangan

Sukuk Wakaf Ritel Seri SWR004 Resmi Terbit, Begini Cara Belinya

Jakarta – Pemerintah resmi membuka masa penawaran Sukuk Wakaf Ritel seri SWR004 kepada wakif individu dan institusi hari ini (7/7). Masa penawaran akan berlangsung mulai tanggal 7 Juli – 31 Agustus 2023. 

Penerbitan Sukuk Wakaf Ritel seri SWR004 tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung Gerakan Nasional Wakaf Uang, membantu pengembangan investasi sosial dan pengembangan wakaf produktif di Indonesia.

“SWR004 ini dikelola berdasarkan prinsip syariah serta telah mendapatkan pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI. Melalui Sukuk Wakaf Ritel seri SWR004, pemerintah bertujuan memfasilitasi para pewakaf uang baik yang bersifat temporer maupun permanen agar dapat menempatkan wakaf uangnya pada instrumen investasi yang aman dan produktif,” tulis dalam keterangan resmi Kementerian Keuangan, Jumat 7 Juli 2023.

Adapun, SWR004 memiliki tenor dua tahun dan menawarkan tingkat imbalan/kupon mengambang (floating with floor) sebesar 5,85% per tahun, yang imbalannya akan disalurkan untuk program/kegiatan sosial yang memiliki dampak sosial dan ekonomi untuk masyarakat.

Lebih lanjut, penyaluran imbalan akan dilakukan oleh Nazhir yang kredibel yang ditunjuk oleh Lembaga Keuangan Syariah-Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) dan disetujui oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai regulator dan pengawas Nazhir.

Untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan penyaluran dana imbalan CWLS, maka Nazhir wajib membuat laporan kepada BWI, Kementerian Agama, Kementerian Keuangan, dan wakif (pembeli CWLS). 

Proses pemesanan pembelian Sukuk Wakaf Ritel seri SWR004 secara online melalui empat tahap yaitu, registrasi melalui sistem elektronik midis, pemesanan melalui sistem elektronik midis, pembayaran melalui bank persepsi dengan berbagai saluran pembayaran, dan menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBN Ritel.

Adapun secara offline melalui empat tahap, yaitu datangi kantor Midis, isi formulir akta ikrar wakaf dan pemesanan, menyetorkan dana, dan wakif mendapatkan sertifikat wakaf uang.

Individu dan institusi yang berminat membeli Sukuk Wakaf Ritel seri SWR004 dapat menghubungi/ mendatangi enam Mitra Distribusi (Midis) yang telah ditunjuk oleh Pemerintah, yaitu PT Bank Syariah Indonesia, PT Bank Muamalat Indonesia, PT Bank Mega Syariah, PT Bank Syariah Bukopin, PT Bank CIMB Niaga Syariah, dan PT Bank Permata Syariah.

Berikut merupakan pokok-pokok ketentuan dan persyaratan Sukuk Wakaf Ritel seri SWR004:

  1. Masa Penawaran: pembukaan 7 Juli 2023 pukul 09.00 WIB dan penutupan 31 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB
  2. Bentuk dan Karakteristik Sukuk Negara: tanpa warkat, tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder
  3. Tanggal Penerbitan: 6 September 2023
  4. Tanggal Jatuh Tempo: 10 September 2025
  5. Minimum Pemesanan: Rp1.000.000
  6. Maksimum Pemesanan: tidak ada maksimum pemesanan
  7. Program/Kegiatan Sosial yang Dibayai: Ditetapkan oleh Nazhir dan dimuat dalam memo info
  8. Akad: Wakalah
  9. Tingkat Imbalan/Kupon: Floating with floor, sebesar 5,85% (BI7DRR + 10 bps) per tahun dibayarkan secara periodik setiap bulan kepada Nazhir untuk pembiayaan program / kegiatan sosial
  10. Tanggal Pembayaran Imbalan/Kupon: Tanggal 10 setiap bulannya
  11. Pembayaran Imbalan/Kupon Pertama Kali: Tanggal 10 Oktober 2023 (Long Coupon). (*)

Irawati

Recent Posts

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

2 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

15 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

15 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

16 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

18 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

19 hours ago