Internasional

Suku Bunga KPR AS Naik, Tertinggi dalam Setahun Terakhir

JakartaSuku bunga KPR (kredit pemilikan rumah) di Amerika Serikat (AS) naik menjadi 6,36 persen sejak pekan lalu. Kondisi ini menandai kenaikan mingguan terbesar satu tahun terakhir.

Asosiasi bank-bank KPR, Mortgage Bankers Association mengungkapkan, kenaikan mingguan terbesar usai pemangkasan suku bunga oleh Bank Sentral AS.

Berdasarkan laporan Mortgage Bankers Association, rata-rata suku bunga kontrak untuk KPR dengan suku bunga tetap 30 tahun naik 22 basis poin atau 0,22 persen pada 4 Oktober lalu. 

Baca juga : Penurunan Suku Bunga Diprediksi Berdampak Positif bagi KPR

“Kenaikan sebesar itu terakhir kali terjadi pada Juli 2023, ketika Bank Sentral AS masih menaikkan suku bunga dalam upayanya untuk menurunkan inflasi,” tulis laporan tersebut dinukil VOA Indonesia, Kamis, 10 Oktober 2024.

Diketahui, Bank Sentral AS memangkas suku bunga acuan jangka pendeknya bulan lalu. hal ini menandakan keyakinan bahwa inflasi sedang menuju ke target 2 persen. 

Bahkan, diperkirakan akan terjadi penurunan yang lebih besar dari perkiraan, yaitu sebesar setengah persen, guna menjaga agar pasar tenaga kerja yang sedang mendingin tidak semakin melemah.

Baca juga : Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Suku bunga KPR telah mencapai puncaknya pada Oktober 2023 atau mendekati 8 persen. Pada saat pertemuan penetapan kebijakan The Fed pada September telah turun lebih dari 1,75 persen untuk mengantisipasi pergeseran kebijakan Bank Sentral AS. 

Pejabat-pejabat Bank Sentral AS sendiri umumnya mendukung dimulainya era kebijakan moneter yang lebih longgar dengan penurunan suku bunga sebesar setengah persen. 

Tetapi ada kesepakatan yang lebih luas agar langkah awal ini tidak mengikat Bank Sentral AS pada tingkat penurunan suku bunga tertentu di masa depan. (*)

Editor: Yulian Saputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Perluas Akses Investasi, Kini Growin’ by Mandiri Sekuritas Hadir di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Growin’ by Mandiri Sekuritas kini hadir di aplikasi Livin’ by Mandiri sebagai langkah… Read More

2 hours ago

Pergerakan Bitcoin Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Sejumlah Sentimen Berikut

Jakarta - Salah satu pasar kripto, Bitcoin telah mengalami rebound dari posisi support USD60.000 pada… Read More

2 hours ago

Tepis Isu Akuisisi, Bank Banten Sebut KUB Kesempatan Mengakselerasi Pertumbuhan Bisnis

Tangerang - Manajemen PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) menepis pemberitaan akan diakuisisi… Read More

2 hours ago

Ramai Bank Melakukan Digitalisasi, OJK Tegaskan Pentingnya Perlindungan Data

Jakarta - Industri perbankan di Indonesia semakin gencar melakukan digitalisasi dalam operasionalnya. Sebagai contoh, banyak… Read More

2 hours ago

Terapkan Strategi Ini, BNI AM Pede Target Dana Kelolaan Rp34 Triliun di Akhir 2024 Bisa Tercapai

Jakarta - BNI Asset Management (BNI AM) menyebutkan dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM)… Read More

3 hours ago

Rendezvous ke-28 di Bali: Fokus Mitigasi Risiko Asuransi di Tengah Tantangan Global

Bali - Rendezvous Indonesia 2024, salah satu pertemuan terbesar para pemimpin industri asuransi dari berbagai… Read More

3 hours ago