Suku Bunga diperkirakan Tetap Flat dalam Jangka Pendek

Suku Bunga diperkirakan Tetap Flat dalam Jangka Pendek

BI Sebut Bank Kecil Belum Penuhi Porsi Kredit UMKM 20%
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta–Keputusan Bank Indonesia (BI) mengubah kebijakan suku bunganya, disambut positif oleh analis Mandiri Sekuritas Leo Rinaldy. Namun dampaknya pada pasar uang dan Rupiah dinilai akan netral. Sehingga dalam jangka pendek kebijakan suku bunga diperkirakan tetap flat dalam jangka pendek.

“Perubahan fundamental yang positif, kebijakan moneter tidak berubah, dampaknya akan netral untuk pasar uang dan Rupiah. Karena perubahan itu, kami menilai kebijakan suku bunga akan flat dalam jangka pendek,” kata Leo dalam keterangan tertulisnya, Senin, 18 April 2016.

BI rate pertama kali diperkenalkan pada Juli 2005 sebagai pelengkap penting dari kerangka target inflasi Bank Indonesia (ITF). Kebijakan itu diharapkan dapat menjadi acuan untuk suku bunga antar bank harian. Namun, di sisi lain, BI rate sekarang lebih terkait dengan suku bunga antarbank 12 bulan.

Sebagai usaha untuk menguatkan kerangka moneter dan dapat menjaga lagi kredibilitas suku bunga, bank sentral memutuskan untuk menggeser suku bunga acuan ke suku bunga instrumen pasar terbuka yang lebih rendah, yaitu reverse repo rate 7 hari Bank Indonesia (BI 7RRR). Kebijakan itu akan efektif mulai Agustus 2016,

Di sisi lain, karena kebijakan suku bunga berubah, BI menyatakan OJK dapat menggunakan SBI 12 bulan (saat ini 6,75%) untuk menjaga batas atas suku bunga (deposit ceiling rate) 7,50% dan 7,75%.

“Belum ada klarifikasi dari OJK, tetapi kami meyakini akan mengarah pada rencana tersebut karena penurunan drastis pada deposit ceiling rate dapat menciptakan risiko likuiditas untuk sektor perbankan dalam jangka pendek,” tambah Leo. (*) Ria Martati

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]