News Update

Sukses Diadakan Lagi Pasca-Covid, PRIMA Awards 2024 Apresiasi 20 Mitra Terpilih

Bali – Prima Awards kembali digelar perdana pasca pandemi Covid-19 di The Meru, Sanur, Bali, Kamis, 24 Oktober 2024. Acara penghargaan ini sekaligus masuk penyelenggaraan tahun ketiga, setelah penyelenggaraan pertama pada 2018 dan 2019.

Acara penghargaan yang dilandaskan pada rating “The Best Digital Transaction 2024” yang dilakukan oleh PT Rintis Sejahtera bersama Biro Riset Infobank (birI) itu ditujukan untuk memberikan apresiasi mendalam kepada mitra terpilih, baik perusahaan maupun individu atas kontribusi, dedikasi, dan pencapaian yang signifikan dalam mendukung dan memperkuat hubungan kerja sama yang telah terjalin.

Terdapat 66 pemenang dari 20 mitra terpilih yang mendapatkan penghargaan di ajang Prima Awards 2024. Rating Digital Banking Transaction Jaringan PRIMA tahun ini berbeda dengan rating tahun sebelumnya.

Pada rating tahun sebelumnya, yakni tahun 2019, Biro Riset Infobank dan Rintis Sejahtera menggunakan enam pendekatan, yakni pendekatan kuantitas, pendekatan pertumbuhan, pendekatan loyalitas, pendekatan kemitraan, pendekatan inovasi, dan pendekatan potensi.

Sementara pada rating tahun ini menggunakan model tiga cluster, yakni Volume Transaksi dan Kelompok Bank, Volume Transaksi, dan Operation Performance.

Baca juga: Rintis Gelar PRIMA Executive Gathering 2024 di Sanur

Direktur Biro Riset Infobank, Eko B. Supriyanto mengatakan, rating dengan model tiga cluster ini, selain mampu mengukur kuantitas transaksi mitra bank, juga mampu memperlihatkan performa operasional mitra bank di Jaringan PRIMA selama setahun terakhir (periode waktu Juli 2023 sampai Juni 2024). Jadi, selain mencakup kuantitas transaksi, juga sekaligus kualitas transaksinya.

“Model cluster penilaian berdasarkan Kelompok Bank juga mampu menghasilkan penilaian secara obyektif, equal, dan apple to apple, karena mitra bank dikelompokkan berdasarkan modal inti atau KBMI (Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti),” ujar Eko.

Terdapat tiga mekanisme yang menjadi pegangan Biro Riset Infobank dan Rintis Sejahtera untuk menentukan mitra bank dan PJP (Perusahaan Jasa Pembayaran) terbaik tahun 2024.

Mekanisme pertama, untuk kategori all feature ATM dan Digital Channels, penentuan pemenang berdasarkan kelompok bank dan ranking (volume transaksi). Dalam hal ini, ada tiga kelompok pemenang berdasarkan KBMI.

Pertama, Kelompok Diamond. Kelompok ini untuk bank-bank yang masuk dalam KBMI 4 atau kelompok bank dengan modal inti lebih dari Rp70 triliun.

Kedua, Kelompok Titanium. Kelompok ini untuk bank bank yang masuk KBMI 3 atau kelompok bank dengan modal inti lebih dari Rp14 triliun sampai dengan Rp70 triliun. Ada 13 bank yang masuk dalam kelompok ini.

Ketiga, Kelompok Platinum. Kelompok ini untuk bank-bank yang masuk dalam KBMI 2 atau kelompok bank dengan modal inti lebih dari Rp6 triliun sampai dengan Rp14 teriliun, dan KBMI 1 atau kelompok bank dengan modal inti Rp6 triliun ke bawah. Ada 62 bank yang masuk dalam kelompok ini.

Baca juga: Bukan Lansia, 62 Persen Lebih Kasus Fraud Menimpa Generasi U-40!

Dari tiga kelompok bank ini didapat 66 mitra sebagai pemenang. Bank pemenang tersebut ditentukan berdasarkan Volume Transaksi di Jaringan Prima dengan data perhitungan transaksi periode waktu Juli 2023 sampai dengan Juni 2024.

Mekanisme kedua, untuk kategori Debit, QRIS & Payment, pemenang ditentukan berdasarkan volume transaksi tertinggi dengan data perhitungan transaksi periode waktu Juli 2023 sampai dengan Juni 2024.

Mekanisme ketiga, untuk kategori Best System Availability and Best Claim Rate, pemenang ditentukan berdasarkan performance operasional dengan data perhitungan transaksi periode waktu Juli 2023 sampai dengan Juni 2024.

Dengan tiga mekanisme tersebut, Biro Riset Infobank dan Rintis Sejahtera kemudian membuat pengkategorian untuk menentukan para pemenang.

Kategori yang Dinilai

Ada 12 kategori yang dinilai, yakni Best Acquirer Bank (All Features), Best Issuer Bank (All Features), Best Acquirer Bank (ATM), Best Issuer Bank (ATM), The Highest Digital Channels Transaction Bank, Best Debit Acquirer Bank, Best Debit Issuer Bank, Best QRIS Acquirer, Best QRIS Issuer, Best Collecting Agent, Best System Availability, dan Best Claim Rate.

Dari 12 pengkategorian tersebut, dikelompokkan dalam tiga cluster penilaian, yakni penilaian berdasar- kan volume transaksi dan kelompok bank, penilaian berdasarkan volume transaksi, dan penilaian berdasarkan Operation Performance.

Mitra Terpilih

Ada 20 mitra terpilih yang meraih penghargaan Prima Awards 2024, yakni Bank Central Asia dengan raihan 10 kategori penghargaan, Bank Rakyat Indonesia dengan raihan 8 kategori penghargaan, Bank Mandiri dengan raihan 5 kategori penghargaan, Bank Negara Indonesia dengan 3 kategori penghargaan, CIMB Niaga dengan 6 kategori penghargaan.

Lalu, BJB dengan 5 kategori penghargaan, Bank Syariah Indonesia dengan 4 kategori penghargaan, Bank Permata dengan tiga kategori penghargaan, UOB Indonesia dengan 3 kategori penghargaan, Danamon dengan 2 kategori penghargaan, Bank DKI dengan 5 kategori penghargaan, Bank Nagari dengan 3 kategori penghargaan, Bank MAS dengan 2 kategori penghargaan.

Kemudian, Artha Graha Internasional dengan 1 kategori penghargaan, Bank Sumselbabel dengan 1 kategori penghargaan, Bank Jatim dengan 1 kategori penghargaan, KEB Hana Indonesia dengan 1 kategori penghargaan, Bank Sahabat Sampoerna dengan 1 kategori penghargaan, Bank Neo Commerce dengan 1 kategori penghargaan, serta YUKK Kreasi Indonesia dengan 1 kategori penghargaan.

Kemeriahan PRIMA Awards 2024

Prima Awards 2024 berlangsung meriah. Dikemas dengan konsep gala dinner dan Awarding Night bertajuk “The Best Digital Transaction 2024”, Prima Awards 2024 dibuka oleh Wakil Presiden Direktur RINTIS Suryono Hidayat, dilanjutkan oleh Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto yang memaparkan metodologi penentuan pemenang sebelum prosesi penyerahan award dilakukan.

“Ini menjadi bukti dimana kita sebagai industri keuangan terus berkontribusi bagi inklusivitas ekonomi nasional dalam mengejar visi Indonesia Emas 2045,” ucap Wakil Presiden Direktur RINTIS, Suryono Hidayat dalam pembukaannya.

Di samping itu, Prima Awards 2024 turut dihadiri pula oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti, untuk memberikan keynote closing speech. Destry menyampaikan apresiasinya yang mendalam terhadap penyelenggaraan acara Prima Awards 2024.

Ia juga mengingatkan segenap pelaku industri jasa keuangan agar selalu menjaga kekompakan dan solidaritas di tengah tantangan zaman yang semakin dinamis.

“Kalau ingin melaju cepat, maka melaju lah sendirian. Namun, jika ingin melaju lebih jauh, melaju lah bersama-sama,” pungkas Destry.

Acara lalu ditutup dengan special performance dari penyanyi Rio Febrian yang turut berkolaborasi membawakan beberapa lagu dengan anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia. (*) Steven Widjaja

Yulian Saputra

Recent Posts

Judol Kian Mengganas, 14 Persen Pengguna Kelas Menengah Terimbas

Jakarta – Riset terbaru dari Inventure 2024 menunjukkan dampak judi online (judol) terhadap kelas menengah di Indonesia. Berdasarkan… Read More

5 mins ago

Akhir Tahun 2024, BNI Optimistis Kredit Tumbuh Dua Digit

Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI optimistis hingga akhir 2024 akan… Read More

22 mins ago

BNIdirect Catat Nilai Transaksi Capai Rp5.743 Triliun di Kuartal III 2024

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI di kuartal III 2024 berhasil mencatat nilai… Read More

1 hour ago

Bank Permata Berikan Pelatihan Edukasi Keuangan di SDN Johar Baru 19 Pagi

Jakarta – Bank Permata memberikan edukasi kepada murid Sekolah Dasar Negeri atau SDN Johar Baru 19 Pagi… Read More

2 hours ago

Sritex Resmi Ajukan Kasasi Lawan Putusan Pailit Pengadilan Niaga Semarang

Jakarta - Manajemen PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau Sritex akhirnya buka suara terkait… Read More

3 hours ago

BNI Raup Laba Bersih Rp16,3 Triliun di Kuartal III 2024, Naik 3,5 Persen

Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mencatat kinerja keuangan yang solid.… Read More

3 hours ago