Sudah Di Atas Target, BPS Sebut Tingkat Inflasi Tergantung Dua Hal Ini

Sudah Di Atas Target, BPS Sebut Tingkat Inflasi Tergantung Dua Hal Ini

harga
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Juni 2020 mencapai 4,35% year-on-year (yoy). Angka ini sudah melampaui target Bank Indonesia (BI) yang sebelumnya disebutkan akan berada diatas 4% pada akhir tahun 2022.

Kepala BPS, Margo Yuwono menjelaskan peningkatan inflasi hingga akhir tahun 2022 akan bergantung pada kebijakan harga yang diatur pemerintah dan harga yang bergejolak. Berdasarkan BPS, Inflasi Juni 2022 sebesar 0,61% month-to-month (mom) terdiri dari komponen inti 0,12%, komponen harga diatur pemerintah 0,05%, dan komponen harga bergejolak 0,44%.

‘Kalau dilihat secara umum di 2022, inflasi kita disebabkan oleh harga yang diatur pemerintah. Jadi sangat bergantung pada kebijakan pemerintah. Kalau pemerintah terus memberikan subsidi, pada kelompok energi, komponen energi bisa ditahan untuk tidak memberikan dorongan kepada inflasi,” jelas Margo pada paparannya, Jumat, 1 Juli 2022.

Ia juga mengungkapkan, kenaikan listrik per 1 Juli ini berpotensi besar akan mendorong tingkat inflasi pada bulan yang bersangkutan. Meskipun demikian, ia meyakini angkanya akan terus melandai seiring dengan berjalannya waktu.

Lebih jauh, peningkatan komponen harga bergejolak yang memiliki kontribusi paling besar pada tingkat inflasi Juni 2022 disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu. Margo menyebut cuaca pada sentra produksi industri hortikultura seperti Cabe Merah dan Cabe Rawit akan turut menentukan tingkat inflasi.

Jika cuaca terkendali dan produksi normal kembali, BPS optimis pasokan industri akan mencukupi permintaan konsumen. Sehingga hal ini tidak akan memberikan dorongan pada inflasi.

“Kalau boleh disimpulkan, tren ke depan adalah bagaimana kebijakan pemerintah dapat mengatur untuk energi, tarif angkutan, dan inflasi. Kenaikan listrik juga punya potensi besar pada peningkatan inflasi di bulan selanjutnya,” tutup Margo. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]