Categories: Moneter dan Fiskal

Stanchart Proyeksikan Ekonomi RI Bisa Tumbuh 4,5% di 2021

Jakarta – Standard Chartered Bank Indonesia (Stanchart) akan menggelar acara tahunan World of Wealth/WOW ke- 17, dan untuk pertama kalinya dilaksanakan secara daring/online.

Bertemakan “2021: Reimagined”, WOW tahun ini akan mengugah pikiran para nasabah serta menggagas perspektif baru dalam perencanaan keuangan mereka, setelah menjalani hampir setahun penuh tantangan demi menyongsong pemulihan pascapandemi yang berangsur namun pasti.

Senior Economist Standard Chartered Bank Aldian Taloputra mengatakan, pihaknya optimis ekonomi Indonesia bakal pulih dan tumbuh positif 4,5% di tahun 2021 setelah sebelumnya ekonomi RI masih -2,07%.

“Kita lihat 2021 ekonomi Indonesia kita perkirakan bisa tumbuh 4,5% mungkin ini agak sdikit dibawah batas target pemeirntah dan BI. dan diperkirakan akan lebih cepat lagi di 2022 setelah investasi mulai lebih cepat tumbuhnya,” kata Aldian melalui video conference di Jakarta, Rabu 3 Maret 2021.

Tak hanya itu, dalam paparannya Standard Chartered juga memperkirakan rata-rata inflasi Indonesia pada tahun ini berada di kisaran 2,2%. Namun, pada akhir tahun inflasi diproyeksi akan naik ke kisaran 2,9%.

“Dari kondisi Indonesia sendiri tekanan inflasinya meningkat, kalau lihat proyeksi ke depan ekspetasi inflasi itu mulai meningkat,” ungkap Aldian.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Jeffrey Tan selaku Head of Consumer, Private and Business Banking, Standard Chartered Bank Indonesia menjelaskan, WOW tahun ini merupakan momen penting dengan sejumlah hal perdana di dalamnya, seperti perdana dilaksanakan secara daring, dan perdana kami hadirkan tampilan brand baru Standcart yang berevolusi kembali setelah terakhir dilakukan pembaruan 18 tahun lalu.

“Dengan brand yang lebih sederhana dan segar, kami yakin untuk melangkah dengan berani menuju masa depan yang diwarnai oleh inovasi dan disrupsi, sembari kami membangun hubungan lebih mendalam dengan nasabah dan mitra kami di seluruh dunia,” ucap Jeffrey.

Dirinya menambahkan, WOW tahun ini rencananya akan dibuka dengan paparan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Bapak Airlangga Hartarto, yang akan membagikan informasi terkait rencana pemerintah dalam menlanjutkan dan mempercepat upaya-upaya pemulihan ekonomi pascapandemi di 2021.

Para nasabah dan tamu undangan juga akan mendengarkan paparan dari Menteri Kesehatan, Bapak Budi Gunadi Sadikin, yang akan membagikan informasi terkait program- program pemerintah dalam menghambat penyebaran virus COVID-19 sembari mendorong pemulihan kesehatan publik melalui program vaksinasi yang telah mulai dijalankan sejak awal tahun ini. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Simak! Tantangan dan Peluang Penerapan AI di Sektor Perbankan

Jakarta - Teknologi artificial intelligence (AI) bisa dibilang sudah menjadi teknologi yang umum digunakan saat… Read More

2 hours ago

Ramai Fenomena Makan Tabungan, Permata Bank Santai Transaksi Nasabahnya Aman

Jakarta – Fenomena ‘makan tabungan’ alias mantab masih membayangi warga kelas menengah di Tanah Air.… Read More

13 hours ago

Usai Ganti Logo, Permata Bank Luncurkan Mobile Banking Baru ‘Permata ME’

Jakarta - PT Bank Permata Tbk (BNLI) mencatat pertumbuhan 14 persen pengguna mobile banking atau 2 juta pengguna… Read More

14 hours ago

BCA Beberkan Keuntungan Adopsi Teknologi AI, dari Operasional hingga Layanan Nasabah

Jakarta - Penggunaan artificial intelligence (AI) membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Proses yang sebelumnya harus… Read More

15 hours ago

Meski Mirip, Ini Perbedaan Produk Investasi ETF dan Reksa Dana

Jakarta - Dalam dunia investasi terdapat beberapa pilihan instrumen yang dapat dipilih oleh para investor… Read More

16 hours ago

Gandeng UGM, KemenkopUKM Dampingi UMKM Naik Kelas

Jakarta- Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) berkolaborasi dengan Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan pendampingan usaha… Read More

16 hours ago