News Update

Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia Masih Terkendali

Jakarta– Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menilai, sistem keuangan dalam kondisi stabil dan aman pada Triwulan IIII- 2018, walaupun dinamika ketidakpastian tekanan global masih sering terjadi.

Keputusan tersebut diambil setelah diadakan rapat dalam rangka koordinasi pemantauan dan pemeliharaan Stabilitas Sistem Keuanganpada tanggal 25 Oktober 2018 bertempat di Bank Indonesia (Bl).

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, penilaian ini berlandaskan perkembangan moneter, fiskal, makroprudensial, sistem pembayaran, pasar modal, perbankan, lembaga keuangan nonbank dan penjaminan simpanan yang masih stabil.

“Kesimpulan rapat kami periode triwulan III-2018 secara keseluruhan stabilitas sistem keuangan relatif terjaga atau aman. KSSK melihat kondisi tekendali dengan beberapa pertimbangan,” kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis 1 November 2018.

KSSK sendiri memandang dinamika perekonomian masih cukup tinggi, namun terlihat sebagai hal yang baik. Potensi risiko utama yang patut dicermati masih berasal dari arah kebijakan pemerintah AS dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonominya yang berdampak signifikan terhadap perekonomian dunia, khususnya mitra dagang utama AS antara lain perang dagang.

“Sebagai akibatnya, terjadi perlambatan dan ketidakseimbangan pertumbuhan ekonomi global yang berdampak negatif terhadap perekonomian domestik,” tambah Sri Mulyani.

Lebih jauh ujar Sri Mulyani, fundamental ekonomi pada triwulan III 2018 tetap kuat tercermin dari tingkat intlasi yang terjaga sesuai target inflasi 2018 sebesar 3,5 persen plus minus 1 persen. Selain itu, kondisi APBN juga terus terjaga dengan defisit anggaran dan defisit keseimbangan primer APBN yang jauh lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya. (*)

Suheriadi

Recent Posts

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

40 mins ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

7 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

8 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

21 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

22 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

22 hours ago