Sri Mulyani Optimis Ekonomi Kuartal III 2021 Pulih Secara Bertahap

Sri Mulyani Optimis Ekonomi Kuartal III 2021 Pulih Secara Bertahap

Sri Mulyani Optimis Ekonomi Kuartal III 2021 Pulih Secara Bertahap
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Tingginya angka penularan Covid-19 varian Delta membuat pemerintah harus menerapkan pembatasan aktivitas melalui PPKM Level 4 pada awal Juli lalu. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tidak memungkiri bahwa kebijakan ini membuat tingkat konsumsi masyarakat menjadi lesu.

“Kalau kita lihat koreksi yang terjadi akibat PPKM, terutama level 4 di Jawa-Bali, memang menyebabkan beberapa indikator konsumsi kita mengalami koreksi yang cukup dalam pada bulan Juli,” jelas Menkeu pada paparan virtualnya, Selasa (31/08/2021)

Meskipun demikian, Sri Mulyani mengungkapkan tanda-tanda pemulihan konsumsi masyarakat sudah terlihat pada di bulan Agustus 2021. Ia optimis kinerja ekonomi untuk kuartal III 2021 akan terpulihkan secara bertahap.

“Kita berharap mulai Agustus dan September nanti, momentum pertumbuhan akan terjaga kembali,” jelasnya.

Sebagai informasi, Data Mandiri Spending Index (MSI) dari Mandiri Institute menunjukkan, indeks nilai belanja masyarakat pada tanggal 1 Agustus 2021 turun dalam hingga ke level 73,3. Meskipun demikian, nilai tersebut berbalik naik ke level 79,7 per 15 Agustus 2021.

Pemulihan belanja masyarakat ini terjadi seiring dengan relaksasi PPKM dan menurunnya kasus positif Covid-19. Hal ini membuat masyarakat relatif lebih berani untuk melakukan aktivitas ekonomi dan memulihkan konsumsi masyarakat. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]