Nasional

Sosok Ini Berpeluang Besar jadi Panglima TNI Gantikan Laksamana Yudo Margono, Siapa?

Jakarta – Panglima TNI Laksamana Yodo Margono bakal memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2023. Meski masih ada beberapa bulan lagi, sejumlah nama telah mencuat untuk menggantikannya.

Apabila merujuk aturan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satu syarat menjadi panglima TNI adalah perwiara tinggi aktif yang sedang atau pernah menjabat sebagai kelapa staf angkatan.

Baca juga: Reshuffle Kabinet: Jokowi Lantik Mentan, KSAD, dan Dubes RI untuk Argentina

Merujuk aturan tersebut, praktis saat ini ada tiga kandidat calon panglima TNI pengganti Yudo. Mereka adalah Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Pengamat militer dari Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas mengatakan, dari tiga kandidat tersebut, Agus Subiyanto yang baru dilantik sebagai KSAD oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpotensi besar menjadi Panglima TNI menggantikan Yudo.

“Kans Agus diajukan sebagai calon Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono menjadi besar,” kata Anton dikutip Jumat, 27 Oktober 2023.

Lanjut Anton, nama kandidat kuat lainnya yang layak untuk diajukan menjadi Panglima TNI adalah KSAL Muhammad Ali.

“Jika berkaca pada pengalaman Presiden Jokowi menunjuk pos strategis, menjatuhkan pilihan kepada Agus menjadi terbuka lebar. Walaupun jika merujuk pada visi poros maritim dunia, tentu saja semestinya Ali memiliki peluang yang lebih,” jelas Anton.

Baca juga: Segini Kekayaan Letjen TNI Agus Subiyanto Calon KSAD Pengganti Jendral Dudung

Prediksi serupa diungkapkan Co-founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi. Peluang KSAU Fadjar menjadi Panglima TNI sangat kecil, apabila dibandingkan Agus dan Ali. Hal ini karena usia pensiun Agus dan Ali lebih lama. Fahmi menyebutkan, Agus paling berpotensi menjadi Panglima TNI.

“Peluang KSAL Muhammad Ali menggantikan Laksamana Yudo Margono juga akan lebih kecil. Begitu pula dengan KSAU Fadjar Prasetyo yang akan pensiun dalam enam bulan ke depan,” jelas Fahmi.

Dilihat dari sisi umur, Jenderal Agus Subiyanto akan pensiun pada Agustus 2025. Sedangkan Laksamana Muhammad Ali pada April 2025 dan Marsekal Fadjar Prasetyo pada April 2024. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

4 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

5 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

18 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

19 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

19 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

19 hours ago