Perbankan

Soal BTN Mau Akuisisi Muamalat, BPKH Tegaskan Hal Ini

Jakarta – Ramai diperbincangkan bahwa PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) akan melakukan akuisisi bank syariah pertama di Indonesia yaitu PT Bank Muamalat Tbk, di mana mayoritas pemilik sahamnya adalah Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Menyikapi hal tersebut, Anggota Bidang Penghimpunan, Penempatan, Investasi Langsung, dan Investasi Lainnya BPKH, Harry Alexander, mengatakan bahwa, BPKH saat ini sangat terbuka dengan semua calon strategic partner bagi Bank Muamalat.

Baca juga: OJK Beri Sinyal Positif Soal Wacana BTN Akuisisi Muamalat

“Ini bentuk dari ketertarikan di mana Bank Muamalat ternyata bersama BPKH makin sehat menjadi sound bank dan juga ternyata dukungan bisnis BPKH terhadap Muamalat juga kita lakukan totalitas,” ucap Harry saat ditemui di Jakarta, 21 November 2023.

Lebih lanjut, Harry menjelaskan bahwa, terkait dengan proses akuisisi Bank Muamalat diperkirakan masih akan sangat panjang, hal ini dikarenakan Bank Muamalat perlu melakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) terlebih dahulu.

“Tentu ini prosesnya masih panjang sekali, kenapa? karena kita ketahui BPKH melihat Bank Muamalat sebagai bank syariah dengan perusahaan publik yang belum listing (tercatat) ini kita punya kewajiban listing,” imbuhnya.

Meski begitu, dirinya mengakui, Bank Muamalat yang memiliki fokus sebagai bank haji Indonesia, menjadi daya tarik bagi investor asing maupun domestik untuk menjadi strategic partner bagi Bank Muamalat.

Baca juga: Begini Update Rencana Akuisisi BTN Syariah dan Bank Muamalat dari OJK

“Sudah banyak sekali yang menghubungi BPKH tidak hanya bank domestik ya tapi juga semua investment banking, baik dalam negeri dan luar negeri dan ini membuktikan bahwa sebenernya Bank Muamalat akan menjadi one of the biggest and the future bank syariah di Indonesia,” ujar Harry.

Adapun, BPKH sebagai pemegang saham pengendali (PSP) dari Bank Muamalat akan terus menjaga tata kelola perusahaan atau governance dalam proses akuisisi tetap sesuai dengan kaidah syariah, aman, dan prudent.

“Kita tentu berharap yang paling optimal yang paling menguntungkan bagi BPKH, jadi kata kuncinya selalu kami melihat mana yang paling terbaik bagi jamaah haji,” tambahnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

8 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago