Categories: Keuangan

SMF Jajaki Kejasama Dengan 18 Multifinance

Minat multifinance untuk mendapat dukungan pembiayaan dari SMF mulai meningkat. Setidaknya ada 18 multifinance yang mulai menjajaki kerjasama. Novita Adi Wibawanti.

Malang–Perluasan pembiayaan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK) mulai direspon oleh multifinance atau perusahaan pembiayaan. Beberapa multifinance terlihat menunjukkan minatnya untuk memmperluas jenis pembiayaan mereka. Salah satu segmen pembiayaan yang dilirik adalah pembiayaan perumahan. Untuk masuk ke segmen tersebut, beberapa multifinance mulai menjajaki kerjasama dengan PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF) untuk bisa memperoleh pembiayaan.

”Ada 18 multifinance yang telah melakukan penjajakan kepada kami,” ujar Raharjo Adi Susanto, Direktur Utama SMF di sela-sela Media Gathering di Malang, Jumat, 9 Oktober 2015.

Menurut Raharjo, pilihan multifinance masuk ke pembiayaan perumahan bisa jadi lantaran lesunya pembiayaan alat berat dan otomotif. Anjloknya dua lini bisnis tersebut membuat multifinance mencari alternatif bisnis baru.

”Di KPR penurunan portofolio-nya tidak secepat di (pembiayaan) mobil yang tenornya tiga tahun. Ini kan tenornya bisa 15 sampai 20 tahun,” lanjutnya.

Langkah yang diambil multifinance ini terbilang tepat. Pasalnya, SMF menjadi salah satu alternatif bagi multifinance untuk mendapat pinjaman jangka panjang. Khusus untuk pembiayaan perumahan, mungkin agak sulit bagi multifinance untuk mengandalkan pinjaman dari perbankan mengingat tenor pembiayaannya yang singkat. Padahal, dana yang dibutuhkan multifinance untuk masuk ke pembiayaan perumahan adalah dana jangka panjang.

”Selain dana kami dana jangka panjang, kami juga memberikan suku bunga tetap. Ini akan menguntungkan bagi multifinance,” imbuh Raharjo.

Kerjasama SMF dengan multifinance sebenarnya bukan baru-baru ini saja terjadi. Sejak 2006 silam, SMF bahkan telah menjalin kerjasama dengan multifinance. Ada tiga multifinance yang selama ini aktif mendapat pembiayaan dari SMF, MNC Finance, Ciptadana Multifinance dan Finansia Multi Finance. Baru-baru ini, SMF bahkan telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Indomobil Finance.

Apriyani

Recent Posts

Semangat Perjuangan Yahya Sinwar Melawan Israel, Nyawa jadi Taruhannya

Jakarta – Militer Israel mengeklaim telah membunuh pemimpin politik dan militer Hamas Yahya Sinwar di… Read More

5 mins ago

Jelang Akhir Pekan, IHSG Ditutup Naik 0,32 Persen ke Level 7.760

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini (18/10) ditutup meningkat ke level… Read More

27 mins ago

Infobank Digital Bersama Asuransi Intra Asia dan Bank Mayapada Gelar Literasi Keuangan bagi Mahasiswa Unair

Surabaya – Infobank Digital yang merupakan bagian dari Infobank Media Group menggelar Infobank Literacy Road… Read More

31 mins ago

Tingkatkan Literasi Keuangan bagi Milenial, MR.DIY dan CIMB Niaga Lakukan Ini

Jakarta – Perusahaan ritel rumah tangga, MR.DIY menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dalam… Read More

36 mins ago

Erina Gudono Santap Omakase Spesial di RS usai Kelahiran Anak, Harga Fantastis jadi Sorotan!

Jakarta – Erina Gudono, istri dari Kaesang Pangarep, kembali mendapat sorotan tajam netizen setelah melahirkan… Read More

1 hour ago

Begini Tanggapan OJK Soal Jokowi Terbitkan Aturan Asuransi untuk Mantan Menteri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2024… Read More

2 hours ago