Sinergi BUMN Salurkan CSR Rp36 Miliar ke Jateng

Sinergi BUMN Salurkan CSR Rp36 Miliar ke Jateng

Magelang – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara bersinergi menyalurkan bantuan kegiatan tanggung jawab sosial bagi masyarakat di Jawa Tengah (Jateng). Salah satunya, melalui sinergi BUMN, perusahaan pelat merah bersinergi mendukung ekonomi desa masyarakat di Jateng lewat pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan, perusahaan milik negara bisa menjadi sarana untuk mengeksplor potensi di berbagai sektor ekonomi di Indonesia. Tujuannya, yakni untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara kuat dan digdaya.

Namun, kehadiran BUMN tidak sekadar dalam bentuk bisnis, tapi juga melalui berbagai kegiatan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR). Salah satunya, dalam rangka HUT Bersama BUMN, perusahaan-perusahaan pelat merah menyalurkan CSR senilai lebih dari Rp36 miliar untuk provinsi Jateng.

“Saya sangat bangga melihat BUMN yang makin erat kekeluargaannya. Semoga keluarga BUMN dapat terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia terutama untuk masyarakat desa agar kualitas kehidupan mereka pun bisa meningkat,” ujar Rini dalam acara Penyerahan Bantuan CSR secara simbolis kepada masyarakat Jateng di Magelang, Sabtu, 22 April 2017.

Adapun, secara keseluruhan, melalui sinergi BUM telah menyalurkan dana CSR lewat Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) senilai lebih dari Rp3,5 triliun pada 2016. “Tahun ini, kami menargetkan dana PKBL bisa mencapai Rp5 triliun untuk kian meningkatkan partisipasi nyata BUMN bagi negeri,” jelas Rini.

Pemberian bantuan CSR ini pun sebagai bagian dari rangkaian HUT Bersama BUMN periode Februari-April 2017. Ada berbagai bantuan yang telah disalurkan perusahaan-perusahaan pelat merah tersebut ke 30 kabupaten di Jateng di antaranya pendirian Balkondes, Homestay, bantuan kemitraan untuk penangkaran bibit padi, UKM, dan industri kreatif, serta pavingisasi Pasar Johar Semarang. BUMN pun menunjukkan kontribusi nyata lewat bantuan untuk rumah ibadah, pemberian bibit ikan, hingga penyediaan sarana mesin jahit bagi 15 UMKM di Kabupaten Boyolali.

Rini mengungkapkan, ke depannya BUMN akan terus bersinergi dan hadir di tengah masyarakat Indonesia. “Untuk itu, kami akan terus membangun semangat BUMN Hadir untuk negeri untuk menjadikan Indonesia menjadi negara digdaya,” tambah Rini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Acara Penyerahan Bantuan CSR Jateng Maryono mengatakan, tahun ini BUMN akan meningkatkan penyaluran CSR ke seluruh kabupaten di Jateng. Maryono yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. dan ketua Himbara ini mengungkapkan Himbara juga akan menyalurkan CSR untuk kawasan wisata Puthuk Setumbu.

“Kami Himbara akan menyalurkan CSR senilai Rp1 miliar agar kawasan bersejarah ini akan kian menarik wisatawan datang ke tempat tersebut,” tutur Maryono.

Adapun, penyerahan bantuan CSR ini menjadi bagian dari HUT Bersama BUMN periode Februari-April 2017. Perusahaan-perusahaan yang berulang tahun tersebut antara lain PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Perum Jasa Tirta 1, PT Angkasa Pura I (Persero), PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT Bukit Asam (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), PT Indah Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Kawasan Industri Makassar (Persero), dan PT Nindya Karya (Persero).

Selain itu, BUMN yang juga ikut berulang tahun pada periode tersebut adalah Perum Perhutani, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Yodya Karya (Persero), PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), PT Istaka Karya (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT Pindad (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Taspen (Persero). (*)

Related Posts

News Update

Top News