Keuangan

Simak! Berikut Tips Bijak Mengelola THR Anti Boros

Jakarta – Memasuki bulan Ramadan 2024, para pekerja mulai dari buruh, karyawan, hingga aparatur sipil negara (ASN), tentunya akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang diberikan setahun sekali menjelang Idul Fitri atau Lebaran oleh perusahaan.

Para pekerja tentunya harus menggunakannya THR tersebut secara bijak. Jangan sampai dihambur-hamburkan untuk keperluan bersenang-senang.

Baca juga: 5 Tips Bijak Memulai Investasi di Bulan Ramadan

Influencer Keuangan Syariah, Greget Kalla Buana, mengatakan THR yang biasanya diberikan sebesar satu kali gaji tersebut utamanya dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah keuangan, seperti utang atau cicilan.

“Cicilan atau utang itu bisa lunas dengan THR, kalau bebannya ngga terlalu banyak jangan dipake untuk shopping, jadi jangan dipake untuk hal-hal yang sebenernya hanya untuk memenuhi kebutuhan emosional kita,” ucap Greget dalam Gerak Syariah OJK di Jakarta, 13 Maret 2024.

Greget menjelaskan bahwa, seorang pekerja dapat menyusun rincian rencana penggunaan THR, contohnya adalah sebanyak 30 persen digunakan untuk keperluan Ramadan seperti buka bersama, membeli baju atau yang lainnya. Lalu, sebanyak 20 persen dapat dianggarkan untuk keperluan mudik.

Baca juga: Masih Bingung Atur Keuangan Syariah ? Berikut 5 Tipsnya

“Lalu sisanya 50 persen itu bisa untuk self reward misalnya, mau ganti apa ya, kemudian untuk tambah top up emergency fund darurat, untuk bayar utang, kalo ngga ada utang buat investasi, untuk sedekah dan untuk persiapan qurban,” imbuhnya.

Dengan adanya rincian penggunaan dana THR tersebut, para pekerja dapat lebih bijak dalam menggunakan uangnya, dan sisanya bisa menjadi investasi jangka panjang. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

9 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

9 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

16 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

17 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago