Moneter dan Fiskal

Siap-Siap! Dua Instrumen Baru BI Ini Bisa Diperjualbelikan di Pasar Sekunder

Jakarta – Bank Indonesia (BI) bakal menerbitkan Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI) dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI) yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder dengan denominasi dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Departemen Pengelolaan Devisa BI, Rahmatullah mengungkapkan instrument moneter baru ini guna memperdalam pasar keuangan valas untuk menyeimbangkan suplai dan demand di market.

Baca juga: Mitigasi Gejolak Pasar Keuangan, Ini Dia 2  Instrumen Baru yang Diterbitkan BI

“Nanti pelaku-pelaku di pasar primer di SVBI dan SUVBI ini dia bisa langsung menjual ke klien-nya termasuk klien asing. Nanti bank akan menjual kepada klien, nanti antar klien juga bisa berjualan bisa jual ke nasabah-nasabah asing atau dalam negeri,” kata Rahmat dalam Taklimat Media, Rabu 8 November 2023.

Namun, Rahmat menjelaskan bahwa instrumen ini tidak boleh dijadikan sebagai underlying pembelian dolar, sehingga tidak akan menambah permintaan dolar di Indonesia.

“Kecuali, kalau ada institusi di Indonesia yang sudah punya dolar seperti eksportir, konsultan atau lain-lain, daripada menempatkan dolar di Singapura katakanlah untuk mendapatkan rate yang lebih baik atau ditempatkan di deposito, silahkan masuk kesini (SVBI & SUVBI), termasuk juga perbankan. Sehingga ini diharapkan dapat menarik investor asing,” jelas Rahmat.

Dia pun mengatakan, dalam lelang instrumen SVBI dan SUVBI minimal transaksi USD1 juta dengan kelipatan USD100 ribu. Jadi memang instrumen ini di targetkan untuk investor high network professional dan institusional.

Baca juga: Redam Rupiah, Cadangan Devisa RI Anjlok USD1,8 Miliar Tinggal Segini Sisanya

Selain itu, katanya, ini pun menjadi moment yang tepat untuk menerbitkan kedua instrument moneter tersebut. Sebab, saat ini sedang terjadi fenomena cash is the king terutama dalam instrument dolar.

“Contohnya sekarang T-bills itu soverign sekitar 5,3, sementara UST 10 tahun sekarang sudah di 4,6, itu mengindikasikan kekhawatiran ke ekonomi dan lain-lain, serta ekspektasi pendekatan yang dilakukan oleh Federal Reserve (The Fed),” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Irawati

Recent Posts

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

19 seconds ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

25 mins ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

1 hour ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

2 hours ago

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

4 hours ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

5 hours ago