Perbankan

Siap-Siap! Bos BCA Beri Sinyal Bakal Kerek Suku Bunga Kredit di Kuartal I 2024

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berencana untuk menyesuaikan atau repricing suku bunganya di kuartal I 2024. Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengungkapkan repricing ini dilakukan karena adanya tekanan dari tren suku bunga acuan yang masih tinggi.

Lebih jauh dia menjelaskan, suku bunga acuan negara maju seperti The Fed masih akan dipertahankan hingga kuartal II 2023 dan baru akan diturunkan mulai kuartal III 2023.

Begitu pun dengan BI Rate yang dipastikan juga akan mengikuti kebijakan dari The Fed untuk menurunkan suku bunganya di periode tersebut. Sehingga, tambah Jahja, ini akan menjadi tekanan bagi perusahaan bila tidak ada repricing suku bunga.

Baca juga: Tumbuh 19,4 Persen, BCA Cetak Laba Bersih Rp48,6 Triliun Sepanjang 2023

“Itu akan men-depress kita juga, sebab itu mau gak mau untuk kuartal I ini mungkin kita akan sedikit melakukann adjustment tapi tidak banyak, yang penting dunia usaha bisa meng-absorb dan dunia usaha bisa bergulir terus dan kita bisa men-support perekambangan bisnis di Indonesia,” ujar Jahja dalam Konferensi Pers, Kamis 25 Januari 2024.

Lain halnya dengan tahun 2023 lalu, di mana BCA tidak melakukan repricing suku bunga. Jahja mengatakan, hal itu dikarenakan BCA memiliki pencadangan yang cukup besar, sehingga masih bisa untuk mengkompensasi kenaikan tersebut.

“Karena waktu itu kita melihat dari segi profitability dan dari bunga BI terus meningkat dan kita mempunyai suatu dana yang memang cukup besar untuk kita bisa dapatkan, dari Obligasi FR kemudian dari SBN itu cukup untuk tidak mengompensasi dengan kenaikan tingkat suku bunga kredit,” jelasnya.

Baca juga: Survei BI: Penyaluran Kredit Baru Diprediksi Melambat di Triwulan I 2024, Ternyata Ini Penyebabnya

Sebagai informasi, BCA membukukan laba bersih secara konsolidasi sebesar Rp48,6 triliun sepanjang tahun 2023. Angka tersebut naik 19,4 persen yoy. Pertumbuhan laba yang positif tersebut didorong oleh penyaluran kredit yang tumbuh 13,9 persen yoy.

Adapun total dana pihak ketiga (DPK) BCA naik 6,0 persen yoy mencapai Rp1.102 triliun, sehingga mendorong kenaikan total aset BCA sebesar 7,1 persen yoy menjadi Rp1.408 triliun. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

7 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

7 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

8 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

8 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago