Pasar Modal

Siap IPO, Humpuss Maritim International (HUMI) Bidik Dana Rp270 M

Jakarta – PT Humpuss Maritim International Tbk (HUMI) sebagai emiten yang bergerak di bidang distribusi dan infrastruktur energi akan melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) dengan membidik dana segar Rp270 miliar.

Dalam IPO tersebut, perusahaan akan melepas sebanyak-banyaknya 15% saham dari modal ditempatkan dan disetorkan kepada publik atau 2,7 miliar lembar saham kepada masyarakat dengan harga Rp100 per saham.

Direktur Utama HUMI, Tirta Hidayat, mengatakan bahwa, IPO menjadi langkah strategis bagi perusahaan selain untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan kinerja keuangan, tetapi juga untuk menunjukkan komitmen kuat dalam menjalankan perusahaan secara transparan dan terbuka.

Baca juga: Kondisi Makroekonomi Membaik, Obligasi dan Saham Bisa jadi Pilihan Investasi

“Kami optimis bahwa IPO akan memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan, baik pemegang saham, karyawan, pelanggan, mitra bisnis, maupun masyarakat,” ucap Tirta di Jakarta, 18 Juli 2023.

Tirta merincikan bahwa, dana hasil IPO tersebut akan digunakan 10% sebagai kebutuhan modal kerja perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional secara rutin.

Sedangkan sisanya sebanyak 90%, akan digunakan untuk memperkuat permodalan entitas anak perusahaan diantaranya, PT PCS Internasional 36%, PT Humpuss Transportasi Curah 26%, PT MCS Internasional 14%, dan PT ETSI Hutama Maritim 10%.

“Penempatan belanja modal sejalan dengan visi Humpuss Maritim sebagai perusahaan yang turut memberi kontribusi pada sektor distribusi dan infrastruktur energi untuk memenuhi operasional ekosistem kepelabuhan dan kemaritiman,” imbuhnya.

Baca juga: Cinema XXI Mau IPO, Incar Dana Segar Rp2,4 Triliun

Adapun, Perusahaan juga akan bersiap menerbitkan Waran Seri I sebanyak 1,3 miliar lembar atau sebesar 7,5% dari total jumlah saham yang disetor penuh pada saat pendaftaran penawaran umum saham perdana. 

“Setiap pemegang dua saham yang ditawarkan berhak memperoleh satu Waran Seri I,” ujar Tirta.

Dimana, setiap satu Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham perseroan yang dikeluarkan oleh portepel dengan harga pelaksanaan sebesar Rp200 setiap Waran Seri I. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

2 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

15 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

15 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

15 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

18 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

19 hours ago