Politic

Sepakat Dukung Prabowo, Golkar dan PAN Ungkap Alasannya

Jakarta – Dua partai besar Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) sepakat mendukung calon presiden (capres) dari Koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yakni Prabowo Subianto.

Lalu, apa alasan Partai Golkar dan PAN mendukung Prabowo? Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, partainya akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Prabowo Subianto karena lahir dari rahim Partai Golkar. Seperti diketahui, Prabowo sebelumnya adalah kader Golkar.

“Kenapa Golkar menjatuhkan pilihan ke Prabowo? Tidak lain tidak bukan karena Letnan Jenderal Prabowo lahir dari rahim Partai Golkar,” kata Airlangga dalam pidato deklarasi dukungan terhadap Prabowo dikutip Senin, 14 Agustus 2023.

Baca juga: Profil Yenny Wahid, Putri Gus Dur yang Siap Jadi Cawapres di Pilpres 2024

“Beliau mengikuti berbagai kegiatan di Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi. Ini egaliter, searah, setujuan dengan Golkar, Pak Prabowo,” lanjut pria yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

Selanjutnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) membeberkan alasannya mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Menurutnya, PAN telah lama menjalin hubungan dengan Prabowo.

“Kenapa PAN mengambil keputusan itu? Kami sudah 10 tahun bareng-bareng dengan Pak Prabowo. Kalau tinggal sedikit, kenapa tidak sabar? Kami meyakini perjuangan 10 tahun akan tuntas,” ujar Zulhas.

Kesepakatan mendukung Prabowo juga telah dipertimbangan secara matang oleh Dewan Pimpinan Pusat PAN.

“Melalui pertimbangan yang matang, Dewan Pimpinan Pusat PAN telah memutuskan untuk memberikan dukungan Calon Presiden periode 2024-2029 kepada Letnan Jenderal Prabowo Subianto,” ujar Zulhas.

Baca juga: Didukung PBB, Ini Sosok yang Makin Menguat jadi Cawapres Prabowo

Sebelumnya, Partai Bulan Bintang (PBB) telah mendeklarasikan dukungannya terhadap Prabowo. Kehadiran Golkar dan PAN ini dinilai makin menguatkan posisi Prabowo sebagai capres.

Hanya saja, dalam koalisi ini mereka belum menentukan siapa yang bakal mendampingi Prabowo di Pilpres 2024. Sejumlah nama sudah mencuat untuk mendampingi Prabowo.

Ada nama Menteri BUMN Erick Thohir, Yenny Wahid, Mahfud MD, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

36 mins ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

1 hour ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

8 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

9 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

22 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

23 hours ago