Internasional

Selain Biden-Trump, Ini Daftar Politikus Kandidat Capres di Pilpres AS 2024

Jakarta – Selain nama besar Joe Biden dan Donald Trump yang mendeklarasikan diri sebagai kandidat presiden dalam Pilpres Amerika Serikat (AS), publik AS juga akan disuguhkan dengan tokoh-tokoh lain yang siap memperebutkan kursi kepresidenan.

Lantas, siapa saja tokoh-tokoh tersebut yang mencalonkan diri sebagai bakal calon presiden?

  1. Mantan Wakil Presiden Mike Pence

Mantan Wakil Presiden AS Mike Pence pada Senin (5/6/2023) menyatakan dirinya akan maju sebagai kandidat presiden dalam Pilpres AS 2024. 

Bersama tim pendukungnya, dirinya akan meluncurkan kampanye resmi melalui video dan pidato mengenai pencalonannya di negara bagian Iowa, bertepatan dengan hari ulang tahunnya.

Tim kampanye mantan Gubernur Indiana itu bahkan sudah mengajukan deklarasi pencalonan Pence kepada Komisi Pemilihan Federal Amerika Serikat.

Menariknya, Pence akan berhadapan dengan mantan bosnya, Donald Trump untuk mendapatkan tiket menjadi calon presiden dari Partai Republik.

Diketahui, Pence yang merupakan mantan gubernur Indiana dan anggota DPR AS akan kembali mengusung kelanjutan dari program konservatif pemerintahan Trump. 

2. Mantan Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley

Mantan Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Nikki Haley, juga mengumumkan diri mencalonkan sebagai kandidat presiden AS dari Partai Republik. Pencalonan itu diumumkan pada 14 Februari 2023 lalu.

Sebelumnya, Haley pernah menjabat sebagai Gubernur Carolina Selatan. Dirinya menjabat sebagai duta besar PBB di bawah Trump dari 2017-2018. Haley sukses memaparkan rencana kampanyenya dalam pidato pada hari Rabu (15/2/2023) di Charleston, Carolina Selatan. 

3. Eks Gubernur Arkansas Asa Hutchinson

Mantan Gubernur Arkansas Asa Hutchinson tak ketinggalan turut memeriahkan kandidat capres AS 2024. Hutchinson sendiri menjadi kandidat pertama dari Partai Republik yang maju dalam pemilu 2024.

Hutchinson adalah politikus dari Partai Republik yang dikenal moderat. Dirinya menggaungkan konservatisme yang konsisten, meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan, memperbaiki perekonomian dan melanjutkan posisi kepemimpinan Amerika di dunia. 

4. Senator Tim Scott 

Senator AS Tim Scott yang berasal dari South Carolina menjadi satu-satunya senator kulit hitam dari fraksi Republik yang mengumumkan pencapresannya pada hari Senin (22/5).

Scott, 57 tahun, mengumumkan pencapresan di kampus almamaternya, Charleston Southern University. Namanya menambah panjang daftar kandidat capres Partai Republik yang sejauh ini.

5. Gubernur Florida Ron DeSantis

Gubernur Florida Ron DeSantis mengumumkan pencalonannya sebagai kandidat calon presiden (capres) AS dari kubu Partai Republik yang disiarkan langsung bersama Elon Musk di Twitter, Rabu (24/5/2023).

DeSantis yang selama ini dikenal sebagai tokoh konservatif telah banyak membuat kebijakan yang pro rakyat. Terbaru, pria yang dijuluki “DeFUTURE” oleh The New York Post ini telah mengesahkan 80 undang-undang negara bagian musim semi ini.

Pencapresan pria berusia 44 tahun itu dilakukan saat nilai rapornya menurun di mata publik, meski berhasil memasukan sejumlah legislasi sayap kanan di negara bagiannya.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Menilik Tantangan-Peluang Perajin Batik di Era Industri yang Menggeliat

Jakarta – Industri batik di Tanah Air menggeliat di tengah tantangan besar dari sisi produktivitas dan… Read More

8 hours ago

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

9 hours ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

9 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

10 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

10 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

10 hours ago