Politic

Segini Kekayaan Maruarar Sirait yang Pilih Mundur dari PDI Perjuangan dan Setia ke Jokowi

Jakarta  – Tak angin tak ada hujan, Maruarar Sirait bagikan kabar mengejutkan. Dia baru saja menyatakan mundur sebagai kader PDI Perjuangan. Politisi senior yang akrab disapa Ara ini, mengaku ingin mengikuti jejak langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Beberapa waktu ini, saya mengambil waktu cukup lama untuk berkontemplasi, berintropeksi dan berdoa, juga berkonsultasi dengan keluarga serta  teman terdekat, baik di PDI Perjuangan maupun di eksternal. Izinkahlah hari ini, saya pamit dari PDI Perjuangan,” tulis Ara, dalam akun Instagram resminya, @maruararsirait dikutip Selasa, 16 Januari 2024.

Dia mengucapkan terima kasih sekaligus memohon maaf kini tak lagi menjadi bagian dari PDI Perjuangan. Terutama kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri dan Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Baca juga: Intip Kekayaan Arya Wedakarna, Anggota DPD Bali yang Dikecam Gegara Ucapan SARA

“Saya mohon maaf karena saya tidak bisa lagi ada di PDI Perjuangan karena saya punya keyakinan dan percaya dengan Pak Jokowi seperti mayoritas kebanyakan Rakyat Indonesia yang juga percaya pada Pak Jokowi yang adil dan bisa memanusiakan manusia dan bisa memajukan bangsa kita,” tulisnya lagi.

Dia pun menyakini bahwa PDI Perjuangan memiliki banyak kader yang lebih loyal dan berkualitas, serta mampu bergotong royong melebih dari apa yang dia telah lakukan selama ini.

“Saya tetap doakan PDI Perjuangan. Maju terus PDI Perjuangan,” harapnya.

Kekayaan Maruarar Sirait

Terlepas dari pengunduran dirinya dari PDI Perjuangan, mantan Anggota DPR periode 2014 – 2019 ini memiliki kekayaan yang fantastis. Ini pula yang membuat sebagian publik bertanya berapa harta kekayaan Ara.

Menukil laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Selasa, 16 Januari 2024, Ara melaporkan harta kekayaannya pada 2019. Adapun total kekayaannya mencapai Rp85,8 miliar.

Mayoritas harta kekayaannya berasal dari tanah dan bangunan. Tercatat Ara memiliki 31 aset tanah dan bangunan yang merupakan hasil sendiri, hibah hingga warisan.

Aset tesebut tersebar di sejumlah daerah, seperti di Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Toba, dan lainnya. Nilainya sendiri mencapai Rp74,4 miliar.

Baca juga: Fantastis! Ternyata Segini Kekayaan Tom Lembong, Co-Captain Timnas AMIN yang Viral Usai Live TikTok Bareng Anies

Kemudian harta yang berasal dari alat transportasi dan mesin senilai Rp1,1 miliar. Rinciannya, ada mobil Foton Ambulance tahun 2012 Rp94.500.000. Kemudian, mobil Toyota Alphard tahun 2017 Rp713.775.000. Ada juga mobil Toyota Fortuner tahun 2017 Rp344.000.000. Ketiga unit kendaraan tersebut merupakan hasil sendiri.

Ara juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya, Rp7,4 miliar, surat berharga Rp11 miliar, kas dan setara kas Rp19,9 miliar dan harta lainnya Rp5,5 miliar.

Lalu, Ara tercatat memiliki utang Rp33,7 miliar. Jika kalkulasi secara keseluruhan, total kekayaan Maruarar Sirait mencapai Rp85,8 miliar. (*)  

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 hour ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

2 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

2 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

2 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

3 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

4 hours ago