Segini Besarnya Potensi Ekonomi Industri E-Sports di Indonesia

Segini Besarnya Potensi Ekonomi Industri E-Sports di Indonesia

Segini Besarnya Potensi Ekonomi Industri E-Sports di Indonesia
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Perkembangan olahraga digital atau E-Sports Indonesia tercatat sangat pesat pada beberapa tahun ke belakang. Dengan jumlah pemain yang besar dan pasar yang luas, tidak mustahil apabila industri e-sports bisa menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia yang baru di bidang digital.

Ketua Umum Indonesia Esport Association (IESPA) Ibnu Riza Pradipto Widoyo mengungkapkan, Indonesia saat ini menjadi salah satu pasar E-sports terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, para atlet E-sports dalam 4 tahun terakhir Indonesia sudah menyumbang beberapa prestasi yang mendunia.

“Ada 80 juta orang active gamers di Indonesia. Ini menandakan kita adalah market terbesar di South East Asia. Sangat mungkin industri e-sports ini menjadi pilar ekonomi kreatif Indonesia,” ujar Ibnu pada paparannya, Jumat, 21 Januari 2022.

Ibnu menambahkan, perkembangan ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah yang melihat potensi dari industri E-Sports. Ia mengaku bahwa pihaknya telah menerima banyak dukungan baik dari Presiden maupun lintas Kementerian, seperti Kemenpora, Kominfo, Kemenparekraf, dan Kemendikbud Ristek.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini menjadi negara pendorong utama pertumbuhan E-Sports di Asia Tenggara. Dari 270 juta gamers Asia Tenggara di 2021, Indonesia berkontribusi sebanyak 43% atau kurang lebih sebanyak 130 juta. Adapun industri E-Sports Indonesia juga menyumbang pendapatan sebesar US$2,8 miliar. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]