Sederet PR Berat Menanti Destry Damayanti Jika Terpilih Lagi Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Sederet PR Berat Menanti Destry Damayanti Jika Terpilih Lagi Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Jakarta – Berdasarkan Surat Presiden R-17/Pres/05/2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengusulkan nama Destry Damayanti sebagai calon kandidat tunggal Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) yang sudah diterima oleh DPR RI.

Meski demikian, Destry Damayanti masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikannya jika kembali terpilih untuk menjabat selama 2 periode sebagai Deputi Gubernur Senior BI.

Kepala Ekonom Permata Bank, Josua Pardede menyebutkan tantangan bagi Destry, yakni bagaimana BI untuk memperdalam pasar uang yang masih dangkal.

“Mungkin tantangannya adalah bagaimana terkait dengan upaya dari BI ke depannya untuk bisa terus meperdalam pasar keuangnan, mengingat pasar keuangan Indonesia cenderung relatif masih belum terlalu dalam,” ujar Josua kepada Infobanknews, Kamis, 30 Mei 2024.

Baca juga: Intip Rekam Jejak Destry Damayanti, Calon Tunggal Deputi Gubernur BI Senior Pilihan Jokowi

Lebih lanjut kata Josua, tentunya diperlukan terbosan-terobosan lanjutan oleh Deputi Gubernur Senior BI untuk pendalaman pasar uang yakni, terkait dengan LCT (local currency transaction), devisa hasil ekspor (DHE), dan term deposit (TD) Valas DHE SDA.

Sehingga, dalam waktu yang bersamaan pendalaman pasar keuangan, Destry juga harus fokus untuk mendukung stabilitas rupiah.

“Ini semuanya beberapa terobosan yang dilakukan BI yang diaharapkan akan terus mendorong stabilitas sistem keuangan khususnya stabilitas rupiah sehingga harapannya keberlanjutan ekonomi yang sustainable pun juga akan bisa tercipta dan mendorong pembiayaan-pembiayaan ke sektor usaha agar ekonomi kita tumbuh berkembang lagi kedepannya,” jelasnya.

Namun, terkait dengan penunjukan kembali Destry sebagai Deputi Gubernur Senior BI merupakah hal yang sudah tepat. Mengingat rekam jejaknya di bidang keuangan, moneter dan perbankan cukup panjang.

“Terkait dengan penunjukan kembali Bu DGS Destry oleh presiden merupakan hak perogratif presiden. Sehingga diharapkan dengan ditunjuknya kembali beliau menjadi DGS ini akan bisa melanjutkan kebijakan-kebijakan BI,” pungkasnya.

Baca juga: Fit & Proper Test Destry Damayanti Sebagai Calon Deputi Gubernur Senior BI Dijadwalkan Pekan Depan

Sebagaimana diketahui, uji kepatutan dan kelayakan (fit & proper test) calon Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti untuk periode kedua akan dilaksanakan minggu depan.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi mengatakan fit & proper test Destry Damayanti akan dilaksanakan pada 3 Juni 2024 di DPR RI.

“Fit & proper test akan dilaksanakan tanggal Senin, 3 Juni 2024. Ya yang turun dari presiden tunggal, Bu Destry saja,” ungkap Fathan saat dihubungi Infobanknews, Rabu, 29 Mei 2024. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News