Ekonomi dan Bisnis

Sebanyak 16 Perusahaan Plat Merah Raih 3rd Top Digital PR Award 2023

Jakarta – Perkembangan teknologi digital yang pesat, telah merubah signifikan seluruh aspek kehidupan masyarakat. Tak terkecuali pada aktivitas hubungan masyarakat (Humas) atau juga dikenal dengan istilah Public Relations (PR), kehadiran teknologi digital telah mengubah bagaimana cara dan tren berkomunikasi, terutama perusahaan dengan masyarakat atau publik.

Seiring perkembangan teknologi terkini, Humas atau PR telah bertransformasi ke arah digital, dimana aktivitasnya semakin mengandalkan media berbasis digital, seperti media siber, hingga media sosial. Di era digital yang semakin dinamis, praktisi PR tidak hanya dituntut mampu menguasai platform digital, tapi juga menjalankan aktivitas PR dengan lebih kreatif dan inovatif agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

Sebagai apresiasi dan pengakuan khusus kepada perusahaan yang sukses dalam memanfaatkan platform digital untuk berkomunikasi, menjalin engagement dengan publik untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap perusahaan, sebanyak 16 perusahaan plat merah pun menerima penghargaan 3rd Top Digital PR Award 2023 Special Achievement for BUMN, Subsidiary BUMN dan BUMD.

Perusahaan-perusahaan tersebut adalah. Kategori BUMN; PT Pos Indonesia (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Indonesia Asahan Aluminium, PT Brantas Abipraya (Persero) dan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia

Kategori Subsidiary BUMN; PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Pertamina EP Cepu, PT Pertamina Perta Arun Gas, PT PLN Batam, PT PLN Energi Primer Indonesia, PT PLN Nusantara Power, PT Pindad, PT PP Properti Tbk dan PT Mandiri Utama Finance. Kemudian untuk kategori BUMD ada PT BPD Bali dan PT Bank DKI.

Acara penghargaan yang menggandeng TRAS N CO Indonesia ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja PR lingkup BUMN, Subsidiary BUMN dan BUMD yang berhasil membangun citra positif dan reputasi perusahaan di ranah digital.

InfoEkonomi sebagai penyelenggara menilai, kehadiran digital PR mampu menjawab tantangan dan perubahan ekosistem interaksi publik yang telah berubah dan berbasis media sosial di era sekarang ini yang memberi kemudahan kepada masyarakat dalam menyediakan berbagai informasi secara online.

“Bahkan untuk lebih mendekatkan jarak antara pihak yang diwakili dengan masyarakat, semakin banyak praktisi PR perusahaan-perusahaan milik negara yang telah mensinergikan implementasi strategi omni-channel digital public relations,” ujar CEO InfoEkonomi, Arief Munajad 31 Mei 2023.

Hifni Alifahmi selaku Pakar Komunikasi yang telah banyak menulis buku-buku PR, branding, marketing dan communication mengungkapkan, sinergi omni channel digital PR tidak sekadar memanfaatkan saluran online untuk berkomunikasi sebatas konten atau artikel yang disosialisasikan melainkan juga untuk memenuhi keinginan masyarakat serta memenangkan persaingan dan menjadikan penerapannya sebagai parameter keberhasilan bisnis yang dijalankan.

Sementara CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo menjelaskan, para peraih 3rd Top Digital PR Award 2023 merupakan BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN yang berhasil memenuhi tiga parameter penilaian digital yang telah dilakukan sejak Februari hingga April 2023 terhadap perusahaan BUMN, BUMD dan Subsidiary BUMN.

“Metode penilaian menggunakan pendekatan desk research berdasarkan tiga parameter penilaian digital, yaitu digital media aspect, digital awareness aspect dan digital sentiment aspect,” terang Tri. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

OJK Cabut Izin Usaha Rindang Sejahtera Finance, Ini Alasannya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini, Senin 7 Oktober 2024, mengumumkan bahwa… Read More

23 mins ago

BCA Syariah Gelar Kegiatan Edukasi, Cerdas Berinvestasi Emas

Direktur BCA Syariah Pranata tengah menyampaikan paparan saat acara diskusi syariah dengan tema Cerdas Berinvestasi… Read More

36 mins ago

DYAN Optimistis Pendapatan 2024 Tumbuh 15 Persen, Ini Alasannya

Jakarta - PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) atau Dyandra sebagai emiten yang bergerak di… Read More

57 mins ago

BEI Buka-bukaan soal Nasib Listing Bank Muamalat

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) buka suara terkait rencana pencatatan saham alias listing PT Bank… Read More

1 hour ago

Akuisisi Bank Banten (BEKS), Bank Jatim (BJTM) Masih Negosiasi Harga Final

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim (BJTM) mengumumkan rencananya… Read More

2 hours ago

Kemendag: Efisiensi Tol Laut Dorong Pemerataan Ekonomi di Wilayah Terpencil

Jakarta - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Moga Simatupang menyatakan bahwa program… Read More

2 hours ago