Satgas: Ibaratkan Covid-19 Sebagai Malaikat Pencabut Nyawa

Satgas: Ibaratkan Covid-19 Sebagai Malaikat Pencabut Nyawa

Jakarta– Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid 19) Doni Monardo menganggap virus covid-19 layaknya malaikat pencabut nyawa lantaran telah membunuh jutaan umat manusia di dunia.

Doni bahkan menyebut angka kematian dunia sudah mendekati angka 1,5 juta korban. Oleh karena itu dirinya mengimbau masyarakat untuk terap menerapkan protokol kesehatan (prokes) 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak.

“Saya mengibaratkan covid ini ibarat seperti malaikat pencabut nyawa bagi kelompok rentan karena korban jiwa telah mencapai jutaan orang. Tercatat hampir 1,5 juta orang yang meninggal dunia di dunia,” kata Doni dalam webinar Peluncuran Pedoman Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan 3M Dalam 77 Bahasa Daerah, Selasa 1 Desember 2020.

Sementara itu berdasarkan data Satgas Covid-19 hingga (1/12) angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia tercatat sebesar 17.081 orang. Dirinya juga mengatakan bahwa persentase kematian pada kelompok rentan atau dengan penyakit penyerta (komormasih sangat tinggi. Berdasarkan data, angka kematian pasien covid-19 dengan penyakit penyerta bahkan menyentuh angka 85%.

Menurutnya Komorbid yang rentan terhadap Covid-19 adalah hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, penyakit paru dan penyakit ginjal. Kemudian asma, kanker, penyakit hati, hamil, gangguan imun hingga TBC. (*)

Related Posts

News Update

Top News