Sandiaga: Peran Bank Untuk PEN Harus Terus Didorong

Sandiaga: Peran Bank Untuk PEN Harus Terus Didorong

Sandiaga: Peran Bank Untuk PEN Harus Terus Didorong
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa peran bank dalam merealisasikan pemulihan ekonomi akibat krisis pandemi harus terus didorong. Terutama, peran perbankan dalam melakukan pembiayaan terhadap sektor pariwisata dan industri kreatif perlu digalakkan terus.

“Sektor pariwisata dan industri kreatif jadi penyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 12%. Sektor pariwisata 4,5%, dan industri kreatif sekitar 7%, khususnya di bidang digital kuliner, fashion, dan e-commerce. Ini menempatkan Indonesia pada posisi ketiga di dunia setelah Amerika dengan hollywood-nya, Korea dengan K-Pop-nya, dan Indonesia dengan e-commerce-nya,” ujar Sandiaga, pada acara diskusi virtual Forum Top 100 CEO Infobank, Selasa, 14 Desember 2021.

Ia menjelaskan bahwa posisi 3 besar yang Indonesia raih ini juga tak lepas dari pengaruh fintech yang semakin “nge-trend”, dan membentuk inklusi ekonomi lebih lagi saat ini. Digitalisasi pun menjadi pelopor perubahan di segala bidang.

“Berdasarkan data BPS 2020, 4 dari 5 pengusaha Indonesia yang memasarkan produknya secara online itu mengalami peningkatan penjualan pesat. Lalu, 37% konsumen e-commerce meningkat selama pandemi, jadi mari kita dukung UMKM kita karena 97% lapangan pekerjaan disumbang oleh UMKM, serta hampir 65% pertumbuhan ekonomi akan disumbang oleh UMKM ke depannya,” tambahnya.

Ia berharap perbankan, pemerintah, dan pebisnis terus memperkuat kolaborasinya lagi di tengah krisis ini untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi. (*) Steven Widjaja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]