Pasar Modal

Saham Meroket, Nilai Kapitalisasi Apple Tembus Rp45 Kuadriliun

Jakarta – Raksasa perusahaan teknologi, Apple berhasil menutup perdagangan dengan nilai kapitalisasi pasar (market cap) sebesar USD3 triliun atau setara Rp45 kuadriliun. Moncernya kinerja Apple ini didorong oleh kenaikan sahamnya 2,3% menjadi USD193,97 per saham pada Jumat (30/6). 

Dengan kenaikan harga saham tersebut, nilai kapitalisasi pasar Apple berhasil melampau USD3,04 triliun pada Januari 2022 namun gagal ditutup pada level tersebut.

Dinukil TechCrunch, Senin (3/7), dibalik moncernya pasar saham Apple pada 2023 tidak bisa dilepaskan dari produk unggulannya, yakni iPhone. Mendiang Steve Jobs yang memperkenalkan seri pertama iPhone pada 2007 memainkan peranan penting dalam perjalanan bisnis Apple.

Baca juga: Genjot Kualitas Layanan, GDPS Tingkatkan Inovasi Berbasis Teknologi

Terbukti, penjualan produk iPhone diseluruh dunia telah mencapai lebih dari dua miliar unit. Tentu saja, ini memberikan kontribusi besar bagi pendapatan tahunan perusahaan Apple yang terhitung hampir setengahnya.

Atas kontribusi tersebut, Apple mampu menghasilkan begitu banyak pundi-pundi dollar sehingga mampu menebar dividen sebesar USD105 miliar per tahun kepada para investor dan melakukan pembelian kembali sahamnya (buy back). 

Itu pun masih menyisakan dana tunai hampir USD56 miliar dalam kuartal fiskal terakhir. Menariknya, meski sebagian besar inovasi Apple buah karya dari Steve Jobs, namun sebagian besar kekayaannya diciptakan di bawah CEO-nya saat ini, Tim Cook. 

Baca juga: DCI Indonesia dan Salim Group Bangun Pusat Data Tenaga Surya Pertama di RI

Di mana, dirinya mampu menghasilkan nilai pasar Apple mencapai USD350 miliar. Saat ini, Apple terus berinovasi dan merebut pangsa pasar yang juga dikuasai para kompetitor seperti Microsoft, Google, Nvidia, dan Meta. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Simak! Berikut Langkah Kunci Rekomendasi BPKP Terkait Penguatan Tata Kelola BUMN

Jakarta - Plt Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh membeberkan sejumlah… Read More

1 hour ago

Rusia Serang Balik AS, Aset JP Morgan dan Mellon Dibekukan hingga Rp5,6 Triliun

Jakarta - Pengadilan Arbitrase Wilayah Moskow membekukan dana Bank New York Mellon AS (NYSE:BK) yang… Read More

2 hours ago

Walz vs Vance Memanas dalam Debat Cawapres AS, Singgung Konflik di Timur Tengah

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Tim Walz mempertanyakan kapabilitas… Read More

3 hours ago

BUMN Business Forum 2024: Ini Dia 55 BUMN Terbaik Versi The Asian Post 2024

Jakarta - Sebanyak 55 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianugerahi penghargaan "The Best State Owned… Read More

3 hours ago

Kominfo Luncurkan Sistem Kebencanaan, Notifikasi bakal Muncul di SMS hingga TV

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun sistem Early Warning System (EWS) dan Disaster Prevention… Read More

3 hours ago

Pemerintah Siapkan Aturan Perlindungan bagi Pengemudi Ojol

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berencana akan mengkaji aturan terkait pengemudi ojek online (ojol).… Read More

3 hours ago