Market Update

Saham GOTO ARB, IHSG Ditutup Terkoreksi 0,25%

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini kembali ditutup terkoreksi ke zona merah sebesar 17,03 poin atau melemah 0,25% ke level 6.880 dari dibuka di level 6.895 pada pembukaan perdagangan hari ini (10/2).

Equity Research Analyst Henan Putihrai Sekuritas, Jono Syafei, mengatakan bahwa tertekannya IHSG akibat saham teknologi terutama saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang mengalami auto reject bawah (ARB) 6,25% ke level Rp125.

“Untuk IHSG sendiri memang tertekan karena saham teknologi terutama GOTO yang mengalami ARB. sentimen negatif dari pasar saham global terutama karena kenaikan suku bunga dan potensi resesi ekonomi yang membuat investor membatasi investasi pada sektor teknologi,” ucap Jono kepada Infobanknews di Jakarta, 10 Februari 2023.

Ia juga mengatakan hal tersebut karena GOTO sebelumnya diperkirakan akan masuk indeks MSCI tetapi nyatanya tidak masuk. Selain itu, saham BYAN dan ADRO juga menjadi pemberat indeks mengingat market cap yang besar, karena koreksi pada harga acuan batu bara newcastle.

Berdasarkan statistik RTI Business tercatat sebanyak 362 saham terkoreksi, 162 saham menguat, dan 200 saham tetap tidak berubah. Sebanyak 17,05 miliar saham diperdagangkan dengan 1,16 juta kali frekuensi perpindahan tangan, serta total nilai transaksi mencapai Rp9,52 triliun.

Meski begitu, hanya indeks IDX30 yang menunjukan pelemahan 0,06% menjadi 495,15. Sedangkan indeks lainnya, menunjukan penguatan, seperti LQ45 menguat 0,02% menjadi 952,45, JII menguat 0,36% menjadi 581,73, dan SRI-KEHATI menguat 0,52% menjadi 425,82.

Kemudian, hanya sebagian sektor yang mengalami penguatan, diantaranya, sektor transportasi menguat 1,11%, sektor kesehatan menguat 1,06%, sektor bahan baku menguat 0,99%, sektor industrial menguat 0,18%, dan sektor infrastruktur menguat 0,09%.

Sedangkan, sektor lainnya menunjukan pelemahan, sektor tersebut diantaranya, sektor teknologi melemah 2,28%, sektor energi melemah 1,29%, sektor non-siklikal melemah 0,61%, sektor siklikal melemah 0,57%, sektor keuangan melemah 0,56%, dan sektor properti 0,34%.

Sederet saham top gainers diantaranya adalah PT Vastland Indonesia Tbk (VAST), PT Singaraja Putra Tbk (SINI), dan PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU). Sedangkan saham top losers adalah PT Estee Gold Feet Tbk (EURO), PT Isra Presisi Indonesia Tbk (ISAP), dan PT Aviana Sinar Abadi Tbk (IRSX).

Adapun, tiga saham teratas yang paling sering diperdagangkan, yaitu PT Vastland Indonesia Tbk (VAST), PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK), dan PT Haloni Jane Tbk (HALO). (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Semangat Perjuangan Yahya Sinwar Melawan Israel, Nyawa jadi Taruhannya

Jakarta – Militer Israel mengeklaim telah membunuh pemimpin politik dan militer Hamas Yahya Sinwar di… Read More

16 mins ago

Jelang Akhir Pekan, IHSG Ditutup Naik 0,32 Persen ke Level 7.760

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini (18/10) ditutup meningkat ke level… Read More

38 mins ago

Infobank Digital Bersama Asuransi Intra Asia dan Bank Mayapada Gelar Literasi Keuangan bagi Mahasiswa Unair

Surabaya – Infobank Digital yang merupakan bagian dari Infobank Media Group menggelar Infobank Literacy Road… Read More

41 mins ago

Tingkatkan Literasi Keuangan bagi Milenial, MR.DIY dan CIMB Niaga Lakukan Ini

Jakarta – Perusahaan ritel rumah tangga, MR.DIY menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dalam… Read More

46 mins ago

Erina Gudono Santap Omakase Spesial di RS usai Kelahiran Anak, Harga Fantastis jadi Sorotan!

Jakarta – Erina Gudono, istri dari Kaesang Pangarep, kembali mendapat sorotan tajam netizen setelah melahirkan… Read More

1 hour ago

Begini Tanggapan OJK Soal Jokowi Terbitkan Aturan Asuransi untuk Mantan Menteri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2024… Read More

3 hours ago