News Update

Sah, Bank Permata Naik Kelas Ke Bank BUKU 4

Jakarta – PT Bank Permata Tbk (PermataBank) akhirnya sah naik kasta menjadi Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 4 setelah melalui proses konsolidasi dengan Bangkok Bank Indonesia. Penggabungan ini secara resmi telah efekitif dari OJK per 21 Desember lalu. Sementara Bangkok Bank Public Company Limited resmi menjadi pemegang saham pengendali.

Penyatuan ini mendongkrak modal tier 1 Bank Permata untuk memenuhi sayarat menjadi Bank BUKU 4, yakni bank dengan modal inti Rp 30 triliun. Artinya, jumlah Bank di kelompok ini bertambah dari 7 bank menjadi 8 bank yakni Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Danamon, Bank CIMB NIaga, Panin Bank, dan Bank Permata.

“Dengan adanya penyatuan ini, CAR Bank Permata mencapai 30%, dan kami berharap kedepannya Bank Permata semakin sustain dan kuat” ujar Direktur Utama Permata Bank Ridha D.M. Wirakusumah saat menjadi salah satu pembicara dalam acara webinar yang digelar Infobank beberapa waktu lalu.

Masih kata Ridha, ada  3 strategi utama yang telah disiapkan Bank Permata agar bisnisnya tetap tumbuh dan mencapai target.  Pertama, melakukan semua tugas bisnis sesuai aturan yang benar dan tidak akan melanggar. Hal itu sejalan dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kedua, menetapkan strategi yang tepat mengenai arahan bisnis serta membidik laju pertumbuhan yang baik. Setelah itu yang ketiga adalah menyiapkan alat atau tools yang benar ditengah persaingan bisnis dengan fintech.

“Kita harus melakukan sesuatu dengan benar melakukan sesuatu yang benar dan kita harus mencapai sesuatu itu dengan tools yang benar,” ucap Ridha.

Setelah penyatuan, Bank Permata akan memperkuat protofolio bisnis perusahaan melalui layanan perbankan digital, ritel, syariah, UMKM, dan korporasi.  Sedangkan Bangkok Bank dengan keunggulannya akan mendukung Bank Permata dengan menyediakan kapabilitas perbankan korporat dan jaringan cabang internasional.

Ridha juga menegaskan bahwa ini menjadi tonggak baru bagi Bank Permata untuk menjadi bank pilihan untuk semua pemangku kepentingan serta menjadi salah satu pemain terkuat di industri perbankan Indonesia. Dan Bangkok Bank berkomiten untuk mendukung Bank Permata untuk terus memperkuat posisinya di lanskap perbankan Indonesia.

Sementara itu, Presiden Bangkok Bank dan Komisaris Utama PermataBank, Chartsiri Sophonpanich mengatakan, PermataBank kini menjadi bagian dari keluarga besar Bangkok Bank. Dua bank ini memiliki aspirasi yang sama untuk menjadi mitra terpercaya dan teman dekat yang dapat diandalkan bagi nasabah, karyawan, dan komunitas.

“Ke depannya, kami ingin berbagi pengetahuan dan keahlian kami untuk memberikan nilai yang lebih besar kepada para pemangku kepentingan, membangun hubungan jangka panjang dengan nasabah, dan mendukung bisnis Indonesia untuk menangkap peluang di seluruh wilayah ASEAN dan lainnya,” tutupnya. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

40 mins ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

2 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

8 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

9 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

22 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

23 hours ago