Keuangan

Ryan Firman: Leaders Harus Selalu Adaptif dan Agile

Jakarta – BUMN Muda Leadership Day kembali digelar pada akhir April lalu. Ini merupakan sebuah wadah bagi talenta-talenta muda BUMN untuk berbagi ide, inspirasi, inovasi, dan berkreasi.

Kali ini, BUMN Muda Leadership Day menghadirkan Ryan Diastana Firman, Direktur Keuangan IFG Life yang juga merupakan Chief of Research and Policy BUMN Muda.

Ryan berbagi pengalamannya menangani krisis di Jiwasraya saat beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Investasi Jiwasraya pada umur 31 tahun.

Berbekal pengalaman sebagai konsultan selama 10 tahun, Ryan memiliki peran penting pada program penyelamatan polis Jiwasraya, hingga pengalihan polis ke IFG Life.

“Jiwasraya dan Garuda Indonesia merupakan case restrukturisasi terbesar yang pernah dilakukan di Indonesia. Sejak awal, kami berkomitmen untuk melakukan penyelamatan polis hingga selesai. Alhamdulillah, berkat kerja tim dan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, saat ini turbulensi dan masa krisis sudah dilewati,” ujarnya dikutip dalam keterangan resminya, 2 Mei 2024.

Baca juga: Darmawan Junaidi dan 4 Leaders di Bank Mandiri Raih ‘Top CEO – Top Next Leaders’ dari Infobank

Ryan menegaskan, dalam menghadapi krisis hendaknya leaders memiliki kemampuan komunikasi yang baik, teknik pengambilan keputusan yang tepat, juga tetap tenang saat menghadapi tekanan.

“Kondisi saat krisis sangat dinamis dan volatile. Penting untuk selalu adaptif dan agile, dan kita harus mampu melihat dari berbagai perspektif agar keputusan yang diambil tepat dengan risiko yang terukur,” tambah Ryan.

BUMN Muda Leadership Day yang bertajuk Leading Through Turbulences ini merupakan bentuk kolaborasi BUMN Muda dengan Garuda Indonesia.

Selain Ryan Diastana Firman, acara yang dibuka secara virtual oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo ini juga menghadirkan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Prasetio dan Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmat Hanafi.

Jajaran direksi Garuda Indonesia juga berbagi pengalaman memimpin perusahaan melewati krisis saat pandemi.

Baca juga: Garuda Indonesia dan UOB Kolaborasi Luncurkan Kartu Kredit Khusus Pelancong, Simak Benefitnya!

Hal penting yang harus diterapkan saat menghadapi kondisi yang menantang adalah kemampuan mendefinisikan peluang, menakar risiko, memperkuat mindset bertumbuh, serta fokus pada impact yang lebih besar.

Kegiatan ini ditutup dengan kunjungan 100 peserta BUMN Muda Leadership Day ke hangar GMF Aero Asia, mendapatkan pengalaman baru melihat kegiatan perawatan pesawat serta fasilitas hangar Garuda Indonesia di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

5 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

5 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

6 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

6 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

7 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

8 hours ago