Internasional

Rusia Ultimatum Barat jika Pasok Jet Tempur ke Ukraina

Jakarta – Risiko yang luar biasa besar akan dihadapi negara blok barat apabila mereka memasok pesawat jet tempur F-16 untuk Ukraina. Demikian pernyataan yang dikeluarkan langsung oleh Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko.

Mengutip TASS pada Minggu (21/5/2023), Grushko menanggapi pertanyaan perihal adanya implikasi penyediaan jet, yang diminta Presiden Ukraina dari negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO).

Namun, Ukraina belum memperoleh komitmen NATO terkait pengiriman pesawat tersebut. Berdasarkan seorang pejabat senior AS, Presiden Amerika Serikat(AS) Joe Biden mengatakan kepada para pemimpin G7 bahwa pihaknya mendukung program pelatihan sekutu bersama untuk pilot Ukraina pada F-16.

“Kami melihat bahwa negara-negara Barat masih mengikuti skenario eskalasi. Ini melibatkan risiko yang sangat besar bagi diri mereka sendiri,” kata Grushko, dinuki VOA Indonesia, Selasa (23/5/2023)

Pihaknya juga akan memperhitungkan dengan matang semua rencana karena memiliki sarana yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Juru bicara Angkatan Udara Ukraina Kolonel Yuri Ignat bersiap akan mengerahkan pesawat tempur F-16 untuk menyerang balik dan meyakini akan memenangkan pertempuran jika hal tersebut terjadi.

“Kami akan memenangkan perang ini,” tegasnya sambil menjelaskan alasan bahwa pihaknya dapat memberikan perlindungan pertahanan di area yang berada di luar jangkauan rudal anti-pesawat.

Menurutnya, jet tempur F-16 telah menjadi bagian integral dari pertahanan udara Rusia. Di mana, pesawat tempur ini dapat melibatkan target udara baik dari ketinggian tinggi maupun rendah.

“Dengan memanfaatkan F-16, pasukan darat kami akan dapat dengan cepat membebaskan wilayah Ukraina yang diduduki dengan menargetkan pos komando musuh, kelompok militer, dan rantai pasokan logistik,” pungkasnya.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

IHSG Berpotensi Menguat Terbatas, Intip 4 Saham Rekomendasi Analis

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

47 mins ago

Sinergi Bank Mandiri dan KAI bagi Pengguna Kereta

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Riduan memberikan sambutan disela acara penandatanganan MoU kerjasama layanan perbankan… Read More

2 hours ago

Marak Kudeta di Era Transisi, Setelah Kudeta Ketua KADIN, Kursi INA Digoyang?

TRANSISI kekuasaan sedang terjadi. Kendati baru akan dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober 2024, Prabowo… Read More

3 hours ago

Kisi-kisi OJK akan Kondisi Perbankan Pasca Pemangkasan BI Rate

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa penurunan suku bunga acuan atau BI Rate akan memengaruhi… Read More

10 hours ago

Jokowi Terima 10 Nama Calon Pimpinan dan Dewas KPK, Pansel: Berasal dari Aspirasi Publik

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menerima nama-nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan… Read More

11 hours ago

Soal Kasus Dugaan Gratifikasi IPO, OJK Tegaskan Pegawainya Tak Terlibat

Jakarta - Kasus dugaan gratifikasi lima karyawan Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam melakukan penawaran umum… Read More

12 hours ago