Internasional

Rusia Sebut Dalang Serangan Drone ke Moskow Tindakan Teroris Ukraina

Jakarta –  Serangan pesawat tanpa awak (drone) di Moskow yang diduga dilakukan rezim Kyiv, pada awal Mei 2023 lalu masih menyisakan ‘kemarahan’ bagi Rusia. Kementerian Pertahanan Rusia menyebut, serangan tersebut digambarkan sebagai kejahatan teroris.

“Rezim Kyiv” berada di balik serangan drone di Moskow dan sekitarnya pada pagi yang sama,“kata Menteri Pertahanan Rusia, seperti dikutip VOA, Rabu, 31 Mei 2023.

Pihaknya juga menyampaikan klaim bahwa tiga dari delapan drone yang menargetkan ibu kota Rusia dan sekitarnya telah ditembak jatuh. Sistem tiga drone lainnya berhasil dibuat macet sehingga menyimpang dari jalur sasaran.

“Pagi ini, rezim Kyiv melakukan aksi teror di wilayah Moskow terhadap sasaran sipil. Serangan itu melibatkan delapan drone. Semuanya hancur,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, tanpa memberi bukti, bahwa serangan Rusia baru-baru ini terhadap Ukraina menghantam sistem Patriot yang dipasok Amerika dan ditempatkan di Kyiv. Serangan Rusia juga menghantam “depot senjata Barat” di bagian barat dan selatan Ukraina.

Baca juga: Barat Ingkar Janji, Belarus Izinkan Rusia Tempatkan Nuklir Taktis

Senada, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov juga meyakini rezim Kyiv menjadi dalang dalam serangan yang juga mengincar Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Tidak diragukan bahwa rezim Kyiv telah lama beralih ke metode teroris langsung. Untuk melakukan ini, mereka menggunakan senjata yang dipompa Barat ke rezim ini,” terangnya.

Sementra itu, Penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak membantah tuduhan Rusia tersebut. Menurutnya, serangan di Moskow adalah sebuah peristiwa yang kurang menarik bagi Ukraina. Upaya mereka saat ini diarahkan untuk memperkuat sistem pertahanan udara di ibu kota Kyiv.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

3 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

4 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

10 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

11 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago