Categories: Internasional

Rusia Kepung Dnipropetrovsk dengan Rudal dan Drone Tempur

Jakarta – Pasukan Rusia melakukan serangan rudal dan drone tempur di kawasan Dnipropetrovsk, Ukraina pada Senin (22/5/2023) semalam. 

Akibat serangan itu, para pejabat Ukraina melaporkan telah menyebabkan kerusakan bangunan-bangunan dan melukai sedikitnya delapan orang.

Dalam postingan di Telegram, Gubernur Serhiy Lysak mengatakan, kerusakan terjadi pada bangunan hunian dan kendaraan.

Berdasarkan laporan Angkatan Udara Ukraina serangan Rusia melibatkan 16 rudal dan 20 drone Shahed di mana, pertahanan udara Ukraina menembak jatuh empat rudal jelajah dan 20 drone.

Rusia sendiri telah meningkatkan serangan udaranya terhadap Ukraina dalam beberapa pekan terakhir. Adapun Ukraina tengah merencanakan serangan balasan yang ditujukan untuk merebut kembali wilayah dari pasukan Rusia.

Baca juga: Rusia Ultimatum Barat Jika Pasok Jet Tempur ke Ukraina

Sementara itu, operator pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) pemerintah Ukraina, Senin (22/5) melaporkan kerusakan saluran tegangan tinggi yang memasok daya eksternal ke PLTN Zaporizhzhia akibat gempuran Rusia.

Badan Energi Nuklir Ukraina Energoatom pada postingan di Telegram menyampaikan bahwa PLTN terpaksa beroperasi dengan generator cadangan diesel yang bahan bakarnya cukup untuk 10 hari. 

“Jika mustahil untuk memulihkan daya eksternal sepanjang masa ini, kecelakaan dengan konsekuensi radiasi bagi seluruh dunia dapat terjadi,” kata Energoatom, melansir VOA Indonesia, Selasa (23/5/2023).

Energoatom juga mengatakan, pemutusan operasi kemarin merupakan yang ketujuh sejak pasukan Rusia menguasai PLTN itu pada tahap-tahap awal serangan penuh Rusia terhadap Ukraina.

Ini adalah PLTN terbesar di Eropa, dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah berulang kali menyatakan kekhawatiran mengenai ancaman keselamatan dan keamanan di sana di tengah konflik yang terus berlangsung.

“Kita harus sepakat untuk melindungi PLTN sekarang; situasi ini tidak dapat diteruskan,” tandas Dirjen IAEA Rafael Grossi Senn.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

BI Ungkap 3 Tantangan Besar Hantui Stabilitas Sistem Keuangan

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengungkapkan sejumlah tantangan yang akan dihadapi dalam menjaga stabilitas sistem keuangan (SSK),… Read More

1 hour ago

Melonjak Tajam, Harga Emas Antam per Gram Tembus Segini!

Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam pada hari… Read More

2 hours ago

Digelar Lima Hari, INACRAFT 2024 Bidik Transaksi hingga Rp100 Miliar

Jakarta – Pameran kerajinan terbesar di Tanah Air, The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT)… Read More

2 hours ago

Orang RI Makin Doyan Ngutang di Pinjol, Jumlah Pinjaman Tembus Rp72,03 Triliun per Agustus 2024

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan terjadi peningkatan nilai pengajuan kredit melalui industri fintech… Read More

2 hours ago

OJK Dorong Industri Asuransi Terapkan PSAK 117 pada 2025

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan komitmennya untuk mendukung implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan… Read More

3 hours ago

Begini Strategi Adira Finance Genjot Pembiayaan Syariah

Jakarta - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) berhasil mencatatkan pembiayaan baru di… Read More

3 hours ago