Perbankan

RUPST Bank Permata Sepakat Tebar Dividen Rp904,53 Miliar

Jakarta – PT Bank Permata Tbk akan membagikan dividen sebesar Rp904,53 miliar atau setara Rp25 per saham. Dividen yang dibayarkan tersebut sekitar 34,98 persen dari laba bersih tahun buku 2023 yang sebesar Rp2,58 triliun.

Adapun keputusan pembagian dividen tunai tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Permata yang digelar pada Rabu, 3 April 2024 di Jakarta.

Meliza M. Rusli, Direktur Utama Bank Permata mengungkapkan, pencapaian perseroan di tahun 2023 ini tidak lepas dari kepercayaan nasabah.

“Kami sangat berterima kasih kepada para pemegang saham atas dukungannya yang terus menerus dalam upaya kami untuk memberikan nilai hubungan jangka panjang yang lebih baik kepada para nasabah,” ujar Meliza dikutip 4 April 2024.

Baca juga: Laba Tumbuh 31 Persen, CIMB Niaga Finance Bakal Tebar Dividen Rp129,64 Miliar

Secara kinerja, Bank Permata berhasil membukukan laba bersih Rp2,58 triliun di 2023 atau tumbuh 28,4 persen year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Laba bersih tersebut ditopang oleh pendapatan usaha bank yang tumbuh sebesar 9,3 persen secara tahunan menjadi Rp12,1 triliun.

Pendapatan tersebut dikontribusi oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 9,6 persen sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit di tahun 2023.

Dari sisi intermediasi, kredit Bank Permata tumbuh sebesar 4,3 persen yoy menjadi Rp142,2 triliun. Ini didorong oleh pertumbuhan porsi penyaluran kredit korporasi sebesar 6,1 persen yoy.

Baca juga: Bank BJB Bakal Tebar Dividen Rp1 Triliun, 58,27 Persen dari Laba Bersih 2023

Dari sisi pendanaan, total dana pihak ketiga (DPK) tercatat Rp188,3 triliun dengan tetap fokus untuk meningkatkan dana murah CASA, dimana rasio CASA terjaga di level 55 persen.

Sedangkan rasio permodalan bank adalah salah satu yang terkuat di antara bank komersial terbesar di Indonesia, dengan rasio CAR dan CET-1 masing-masing sebesar 38,7 persen dan 29,5 persen. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago