Market Update

Rupiah Terdepresiasi 0,84% BI Sebut Masih Aman

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sejak awal Januari hingga 21 Februari 2018 tengah mengalami depresiasi. Bank Indonesia (BI) mencatat, di periode tersebut, rupiah terdepresiasi 0,84 persen. Kendati demikian, BI menyebut sejauh ini laju rupiah masih terjaga.

Padahal, pelemahan ini cukup dalam mengingat sepanjang 2017 rupiah hanya terdepresiasi sebesar 0,71 persen. Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan, bahwa Bank Sentral tetap melakukan pemantauan terhadap laju rupiah ditengah tekanan dolar AS.

“Di Januari ada penguatan, kemarin pelemahan kita pahami ini enggak bisa lepas dari perkembangan ekonomi dunia,” ujar Agus di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2018.

Hasil pertemuan Fed Open Market Committee (FOMC) yang menyebut ekonomi AS lebih baik membuat peluang kenaikan Fed Fund Rate menjadi lebih besar. Bahkan kenaikan suku bunga AS bisa tiga kali, atau bahkan diperkirakan bisa empat kali dalam setahun ini.

Baca juga: Dolar AS Lanjutkan Pelemahan, Rupiah Diprediksi Stabil

“Kalau seandainya FFR naik tiga kali, 2019 akan dua kali akan ciptakan kondisi di mana dunia akan tertarik lihat return AS. Kita juga lihat respon yield US Tresurrry yang berangsur naik sudah 2,95 persen. Kondisi ini berdampak pada stabilitas sistem keuangan negara berkembang, termasuk Indonesia,” ucapnya.

Menurut Agus, Bank Sentral tetap senantiasa mewaspadai adanya tekanan terhadap rupiah yang berasal dari AS serta perkembangan global lainnya. Namun dengan kondisi fundamental ekonomi yang cukup baik, bank sentral meyakini kondisi rupiah akan tetap terkendali.

“Kalau di Indonesia secara umum ekonomi Indonesia baik, yang pasti komitmen reformasi struktural terus dijalankan pemerintah. Infrastruktur terus bangun iklim investasi diperbaiki semua hal kaitan perizinan diberikan perhatian,” tutupnya. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Realisasi Investasi Kuartal III 2024 Tembus Rp431,48 Triliun, Terbanyak dari Luar Jawa

Jakarta - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan realisasi investasi untuk triwulan III-2024 mencapai… Read More

20 mins ago

Dorong BUMN Jadi Super Learner, BTN Komitmen Cetak SDM Unggul

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nixon LP Napitupulu (kedua kiri), berbincang dengan… Read More

34 mins ago

Selain Penghapusan PPN dan BPHTB, Bos BTN Usulkan Ini Agar Masyarakat Lebih Mudah Beli Rumah

Jakarta – Pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto disebut akan membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) dan… Read More

36 mins ago

Jadi Calon Menteri Prabowo, Ini Sumber Kekayaan Veronica Tan

Jakarta - Nama Veronica Tan tiba-tiba menjadi sorotan publik usai dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto… Read More

54 mins ago

BSI & Muhammadiyah Berkolaborasi Memperkokoh Islamic Ecosystem

Wakil Komisaris Utama BSI Adiwarman Karim, Komisaris Independen BSI Komaruddin Hidayat, salah satu pembina Yayasan… Read More

1 hour ago

Widiyanti Putri Wardhana jadi Calon Menteri Prabowo, Saham Ini Tiba-tiba Melesat

Jakarta - Harga saham salah satu emiten sawit yakni PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN)… Read More

2 hours ago