News Update

Rupiah Menguat Signifikan ke Rp14.562/US$

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS ) pada hari ini (31/8) ditutup menguat 0,47% atau 70 poin ke level Rp14.562/US$ bila dibandingkan posisi penutupan perdagangan Jumat lalu (28/8) di Rp14.632/US$.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, pergerakan rupiah hari ini masih mendapatkan sentimen positif dari indikasi kebijakan pelonggaran moneter yang lebih lama dan lebih agresif dari Bank Sentral AS untuk membantu pemulihan ekonomi AS.

“Seperti yang diungkapkan Gubernur The Fed dalam pidato di pertemuan online para pejabat bank sentral dunia Jackson Hole Kamis pekan lalu. Sikap the Fed ini mendorong pelemahan nilai tukar USD dan bisa membantu penguatan aset berisiko termasuk rupiah,” kata Ariston di Jakarta, Senin 31 Agustus 2020.

Ariston menyebut, rupiah masih akan berpotensi menguat hingga esok karena pasar merespons kebijakan moneter baru setelah Ketua The Fed Jerome Powell meluncurkannya di simposium Jackson Hole Fed 2020.

Meski begitu, disisi lain, penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bisa tertahan karena kekhawatiran potensi resesi dan penularan covid-19 yang meninggi. Sebagai informasi saja, hingga Minggu (30/8) terdapat 2.858 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Sehingga pada (30/8) pukul 12.00 WIB, tercatat jumlah kasus positif keseluruhan sebanyak 172.053 kasus dari data yang dibagikan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

“Potensi penguatan rupiah terhadap dollar AS hari esok hari di kisaran 14.550/US$ hingga 14.750/US$,” tukas Ariston.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (31/8) kurs rupiah berada pada posisi 14.554/US$ terlihat melemah dari posisi 14.702/US$ pada perdagangan Jumat kemarin (28/8). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Menilik Tantangan-Peluang Perajin Batik di Era Industri yang Menggeliat

Jakarta – Industri batik di Tanah Air menggeliat di tengah tantangan besar dari sisi produktivitas dan… Read More

2 hours ago

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

3 hours ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

3 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

4 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

4 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

4 hours ago