News Update

Rupiah Ditutup Menguat ke Level 14.090/US$

Jakarta – Dalam perdagangan hari ini (16/6) nilai tukar rupiah terhadap dolar aS ditutup menguat tipis 25 point di level 14.090/US$ bila dibandingman dari penutupan sebelumnya (15/6) pada level 14.115/US$.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, stimulus Bank Sentral AS (The Fed) yang akan membeli obligasi korporasi di pasar sekunder, memperluas pembelian surat pada hari dan meluncurkan Program Pinjaman Jalan Utama untuk bisnis bakal meningkatkan optimisme global.

“Sentimen pasar semakin terangkat oleh laporan Bloomberg News bahwa pemerintahan Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan program infrastruktur hampir US$ 1 triliun untuk meningkatkan perekonomian,” kata Ibrahim di Jakarta, Selasa 16 Juni 2020.

Secara keseluruhan, menurutnya, stimulus tersebut memperkuat keyakinan bahwa pihak berwenang di Gedung Putih akan melakukan apa yang diperlukan untuk mengembalikan ekonomi AS itu ke jalurnya.

Tak hanya itu, Ketua Fed Jerome Powell juga akan bersaksi di hadapan Komite Perbankan Senat pada hari Selasa. Ibrahim menyebut investor akan mendengarkan petunjuk bahwa The Fed bersedia melakukan lebih banyak lagi kebijakan stimulusnya.

Sementara dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) menurutnya pada hari ini tidak terlalu besar dalam melakukan intervensi karena dibantu oleh komentar Bank Sentral Amerika yang positif sehingga membawa angin segar bagi aliran modal asing kembali masuk ke pasar dalam negeri terutama pasar Obligasi dan SUN.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (16/6) kurs rupiah berada pada posisi 14.155/US$ terlihat menguat dari posisi 14.228/US$ pada perdagangan kemarin (15/6). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

11 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

12 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

18 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

19 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago