News Update

Rupiah Ditutup Menguat 13.970/US$

Jakarta – Dalam perdagangan hari ini nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) ditutup menguat di level 13.970/US$ dari penutupan sebelumnya 14.005/US$.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi kepada infobanknews menjelaskan, sentimen Brexit masih menjadi sentimen penguatan rupiah.

“Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengeluarkan statmen bahwa Inggris pada hari Selasa menetapkan tenggat waktu yang sulit pada Desember 2020 untuk mencapai kesepakatan perdagangan baru dengan UE, berusaha menekan Brussels untuk bergerak lebih cepat untuk menandatangani kesepakatan,” jelas Ibrahim di Jakarta, Rabu 18 Desember 2019.

Ibrahim menambahkan, Johnson akan menggunakan kekuasaannya atas parlemen untuk melarang perpanjangan masa transisi Brexit setelah tahun 2020. Dengan sikap seperti itu, ada resiko Brexit tanpa kesepakatan muncul kembali setelah Perdana Menteri Boris Johnson akan mengubah undang-undang untuk memastikan bahwa fase transisi hubungan antara Inggris dan Uni Eropa berakhir sesuai jadwal pada 31 Desember.

Dari dalam negeri, Pelaku Pasar masih menunggu keputusan Bank Indonesia dalam arah suku bunga acuannya esok.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (18/12) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.007/ US$ terlihat melemah dari posisi Rp14.018/ US$ pada perdagangan kemarin (17/12). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Mengenal Sosok Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Calon Menteri Kabinet Prabowo

Jakarta - Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turut dipanggil Presiden Terpilih… Read More

8 mins ago

Siap Gabung Kabinet Prabowo-Gibran, Erick Thohir: Amanah Ini akan Saya Jalankan Sebaik Mungkin

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menjadi salah satu tokoh yang… Read More

21 mins ago

Inilah Daftar Nama Calon Menteri yang Dipanggil Presiden Terpilih Prabowo

Jakarta - Sederet ketua umum partai, pengusaha, hingga menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipanggil… Read More

52 mins ago

Masuk Kabinet Prabowo, Airlangga: Penugasan Sesuai Bidang Selama Ini Saya Geluti

Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto ke kediamannya di Jalan… Read More

2 hours ago

Dipanggil Prabowo, Sri Mulyani Diminta Kembali jadi Menteri Keuangan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya menyambangi kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara,… Read More

2 hours ago

OJK Tekankan Pentingnya Stabilitas Sistem Keuangan yang Kuat dan Inklusif

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menekankan bahwa sektor jasa keuangan sebagai bagian dari sistem… Read More

3 hours ago