Market Update

Rupiah ditutup Melemah di Rp14.295/US$

Jakarta – Dalam perdagangan sore ini (4/6), rupiah ditutup pada level Rp14.295/US$, angka tersebut melemah tipis 10 point dari penutupan sebelumnya (3/6) di level Rp14.285/US$.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, dollar terus menguat setelah serentetan data ekonomi yang kuat yang berpotensi pengetatan regulasi awal bank sentral AS Federal Reserve (The Fed).

“AS mencatat 385.000 klaim pengangguran awal dalam seminggu terakhir, lebih rendah dari 390.000 klaim dalam perkiraan yang disiapkan oleh Investing.com. Jumlah klaim turun selama lima minggu berturut-turut ke rekor terendah 400.000, level yang tidak terlihat sejak awal pandemi Covid-19,” jelas Ibrahim di Jakarta, Jumat 4 Juni 2021.

Sementara itu, pengusaha swasta AS juga meningkatkan perekrutan pada bulan Mei 2021, dengan perubahan pekerjaan non-pertanian yang meningkat menjadi 978.000. Penurunan jumlah kasus Covid-19 memungkinkan mendorong bisnis untuk dibuka kembali dan meningkatkan permintaan.

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) terus mewaspadai berbagai risiko yang bisa menghalangi pertumbuhan ekonomi tahun ini. Sedangkan target pertumbuhan ekonomi 6% di tahun 2021 sangat bergantung dari kemampuan pemerintah dalam meredam pandemi Covid-19.

“Indonesia sebagai negara pengimpor vaksin juga mendapat tantangan tersendiri untuk mengendalikan pandemi. Untuk itu, pemerintah dinilai tak boleh hanya mengandalkan vaksinasi. Faktor pengendalian dan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk melakukan mobilitas menjadi penting untuk mencapai pertumbuhan ekonomi,” jelas Ibrahim.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) pada hari ini Jumat (4/6) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.316/US$ atau terlihat melemah dari posisi Rp14.297/US$ pada perdagangan kemarin (3/6). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Selamatkan Sritex! Prabowo Perintahkan Empat Menteri “Turun Gunung”

Jakarta - Presiden Prabowo Subianto memerintahkan empat menteri Kabinet Merah Putih 'turun gunung' untuk mengkaji… Read More

26 mins ago

Gojek Tingkatkan Literasi Keuangan Mitra, Tekankan Bahaya Judi Online

Jakarta - Platform transportasi online, Gojek sebagai bagian dari grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk… Read More

16 hours ago

Indonesia Ingin Gabung BRICS, CSIS: Kita Sudah Anggota G20

Jakarta - Indonesia dikabarkan membuka peluang untuk bergabung dengan BRICS, kelompok negara yang terdiri dari… Read More

17 hours ago

GREAT Prestige Optima Protector Meluncur, Bantu Realisasikan Tujuan Finansial Nasabah Lebih Cepat

Jakarta - Great Eastern Life Indonesia bersama dengan mitra strategisnya PT Bank OCBC NISP Tbk… Read More

18 hours ago

Andien hingga Maliq & D’Essentials Siap Hentak Panggung Golo Mori Jazz 2024

Jakarta – Perhelatan musik jazz berskala internasional, International Golo Mori Jazz 2024 bakal digelar pada… Read More

18 hours ago

Modal Asing Keluar dari RI Rp6,63 Triliun dalam Sepekan, Simak Rinciannya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat adanya aliran modal asing keluar (capital outflow) senilai Rp6,63… Read More

18 hours ago