Categories: Market Update

Rupiah Ditutup Melemah akibat Sentimen Utang dan Covid-19

Jakarta– Dalam perdagangan sore hari ini (28/6) nilai tukar rupiah ditutup melemah 20 point  di level Rp14.445/US$ bila dibandingkan dengan penutupan sebelumnya (25/6) di level Rp.14.425/US$.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, pasar terus mencermati beberapa sentimen negatif dari perkembangan pandemi Covid-19 dan Informasi audit terbaru dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap utang Indonesia.

“Lonjakan kasus Covid-19 kembali mencetak rekornya pada pekan lalu. Tidak sekedar mencetak rekor, lonjakan tajam bahkan terjadi, rekor sebelumnya berada di kisaran 15.000 kemudian langsung pecah lagi di atas 20.000 kasus per hari,” kata Ibrahim melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin 28 Juni 2021.

Secara bersamaan, kabar audit terbaru BPK RI yang mengindikasikan kekhawatir bahwa pemerintah Indonesia tidak bisa membayar utang. Pasalnya, rasio utang Indonesia terhadap penerimaan sudah tembus 369% atau jauh di atas rekomendasi International Debt Relief (IDR) sebesar 92-176% dan rekomendasi Dana Moneter Internasional IMF sebesar 90-150%.

“BPK khawatir hal ini membuat pemerintah kesulitan membayar utang negara. Masalahnya, tren penambahan utang dan biaya bunga sudah melebihi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) dan penerimaan negara yang memunculkan kekhawatiran terhadap penurunan kemampuan pemerintah untuk membayar,” kata Ibrahim.

Sebagai informasi saja, hingga April 2021 Kementerian Keuangan mencatat utang pemerintah mencapai Rp6.527,29 triliun atau 41,18% terhadap PDB. BPK juga memberikan catatan terhadap indikator kesinambungan fiskal 2020 sebesar 4,27% yang telah melampaui batas yang direkomendasikan The International Standards of Supreme Audit Institutions (ISSAI).

Suheriadi

Recent Posts

3 Tantangan Ekonomi Prabowo-Gibran Versi Pengusaha

Jakarta – Analis Kebijakan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Ajib Hamdani menyatakan terdapat tiga tantangan mendasar secara… Read More

14 mins ago

Investor Wajib Tahu! Ini 3 Sentimen Krusial Sepekan ke Depan

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) meningkat signifikan dalam sepekan lalu pada periode 14-18… Read More

39 mins ago

Prabowo Lantik Luhut jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional

Jakarta – Presiden Prabowo Subianto melantik Mantan Menteri Koordinator Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Ketua… Read More

60 mins ago

Sah! Presiden Prabowo Lantik 48 Menteri Kabinet Merah Putih

Jakarta – Presiden RI Prabowo Subianto secara resmi melantik para menteri di Kabinet Merah Putih… Read More

1 hour ago

Kabinet “Obesitas”: Semoga Mampu Tutup Kebocoran yang Capai 60-70 Persen dan Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Oleh: Eko B. Supriyanto, Pimpinan Redaksi Infobank SUSUNAN Kabinet Prabowo-Gibran sudah diumumkan. Nama-nama lama masih… Read More

2 hours ago

Dukung Perekonomian Lokal, Bank ICBC Indonesia Resmikan Branch Surabaya

Surabaya – Bank ICBC Indonesia, anak perusahaan ICBC Limited yang merupakan salah satu Bank terbesar… Read More

2 hours ago